Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur memimpin apel anggota Satpol PP SBT di halaman Kantor Bupati SBT, Rabu (5/5/2021) (Foto: Beritabeta.com)
Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur memimpin apel anggota Satpol PP SBT di halaman Kantor Bupati SBT, Rabu (5/5/2021) (Foto: Beritabeta.com)

BERITABETA.COM, Bula — Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur memimpin apel puluhan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Apel yang berlangsung di halaman Kantor Bupati SBT di Bula, Rabu (5/5/2021) itu ikut dihadiri Plh Sekda SBT Jafar Kwairumaratu, Sekretaris Satpol PP SBT Kasman Kelimagun dan Kepala Bidang Penindakan Satpol PP SBT Abu Hasan Tokomadoran.

Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur saat dikonfirmasi beritabeta.com di ruang kerjanya usai memimpin apel mengungkapkan, pemerintah daerah berkomitmen untuk menyelesaikan tunggakan honorarium 280 anggota Satpol PP.

Pihaknya mengaku, ratusan anggota Satpol PP SBT itu telah memberikan pengabdian terbaik kepada pemerintah daerah lewat kerja yang efektif. Sehingga lanjut dia, pemerintah daerah berkewajiban untuk memenuhi hak mereka.

"Berapa bulan belum dipastikan, tapi pemerintah daerah memastikan dibayarkan kepada mereka. Pada saat ini secara rinci saya belum terlalu tahu, tapi kami berusaha untuk memenuhi tunggakan mereka" ungkap Rumalutur.

Rumalutur yang juga ketua Yayasan Gita Tita Falamury itu menjelaskan pada 2021 ini pemerintah daerah mengalami refocusing atau dilakukan pemotongan anggaran mencapai 60 Miliyar.

Dengan keadaan seperti itu lanjut Rumalutur, sudah barang tentu Pemda akan melihat kinerja-kinerja yang efektif. Sehingga ada langkah yang dilakukan untuk menjaga ritme pembayaran.

"Dari pada nanti kalau terlalu banyak terus terlalu terbeban, sebaiknya kita membuat rincian dan menjaga walaupun kinerjanya tetap tapi efektivitas dalam memberikan tunjukan kepada mengabdi bisa Insha Allah kedepan sudah normal" cetusnya.

Pantauan media ini di Bula usai Apel, puluhan anggota Satpol PP SBT sudah berantrian di depan Ruang Kasubag Perencanaan dan Keuangan Kantor Satpol PP SBT untuk menerima honorarium mereka.

Salah satu anggota Satpol PP yang tidak mau namanya dipublis mengaku, dia dan anggota Satpol PP lainnya sudah menerima honorarium selama dua bulan dari bendahara.

"Alhamdulillah sudah terima, yang dibayarkan oleh bendahara gaji dua bulan" kata salah satu anggota Satpol PP menjawab pertanyaan beritabeta.com (BB-AZ)