Kantor Satpol PP Kabupaten SBT dipalang ratusan tenaga honorer
Kantor Satpol PP Kabupaten SBT dipalang ratusan tenaga honorer

BERITABETA.COM, Bula – Selama dua bulan belum menerima gaji, tenaga honorer pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melakukan aksi palang kantor, Rabu (20/1/2021).

Aksi yang dilakukan puluhan orang pada Rabu siang itu sebagai bentuk protes dan kekesalan terhadap instansi tempat mereka mengabdi. Mereka menuntut agar hak 280 tenaga honorer bulan November dan Desember 2020 segera dibayarkan.

Pantauan media ini di lokasi kejadian, Sekretaris Dinas Satpol-PP Kasman Kelimagun bersama Kabid Ramtib Abu Hasan Tokomadoran menemui mereka untuk berkordinasi membuka palang.

Namun masa tetap bersikeras melakukan pemalangan. Menurut mereka, palang yang terpasang pada pintu masuk itu akan dilepas ketika sudah dibayarkan tunggakan gaji.

“Kewajiban kami sudah jalankan, lalu mana hak kami. Padahal kami Satpol-PP selalu berharap yang terbaik tapi kok hak kami dipermainkan. Kos-kosan, istri dan anak kami punya kebutuhan” ungkap salah satu anggota Satpol-PP SBT yang tak mau namanya dipublis.

Hal senada juga dikeluhkan anggota Satpol-PP lainnya. Ophan Wawuan salah satu Satpol-PP yang ikut dalam aksi itu mengaku biasnya setiap bulan gaji honorer dibayarkan.

Namun lanjut dia, sampai akhir Januari ini gaji yang masuk dalam DPA SBT 2020 itu selama dua bulan belum dibayarkan.

“Kalau untuk bulan Januari yang belum dibayarkan itu tidak apa-apa, masalahnya gaji November dan Desember 2020 harus bayar sebelum tutup buku” ujar Wawuan

Sementara itu, Kadis Satpol-PP SBT Abdullah Rumain yang berusaha dikonfirmasi wartawan di kediamannya tidak menanggapi apa-apa (BB-AZ)