BERITABETA.COM – Biji pala menjadi jenis rempah-rempah sejak dulu sudah digunakan sebagai bahan tambahan olahan makanan. Biji berbentuk bulat berwana kecoklatan ini juga kaya kandungan nutrisi serta memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan yang terdapat pada biji pala seperti lemak total, protein, sodium, zat besi, kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Olahan makanan ketika menggunakan biji buah pala akan menimbulkan rasa serta aroma yang khas ketika dikonsumsi.

Biji pala mengandung senyawa myristicin dan macelignan ini, dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif yang dimiliki pasien demensia atau penyakit alzheimer.

Biji pala sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak. Selain itu, dapat meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan kelelahan serta stres. Belakangan biji pala juga sering digunakan sebagai ramuan mengatasi insomnia (susah tidur)

Sebuah studi telah menunjukkan hasil yang mengejutkan, biji pala dapat mengobati masalah insomnia atau susah tidur di malam hari. Beberapa studi bahkan telah menjadikan biji pala sebagai obat untuk mendorong seseorang tidur lebih cepat.

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang sering dialami oleh orang perkotaan, biasanya karena stres, kecemasan dan perubahan pola tidur. Gaya hidup seperti minum alkohol dan terlalu banyak minum minuman berkafein juga dapat menyebabkan insomnia.

Bila tidak bisa tidur di malam, biasanya akan membuat jengkel, sakit kepala, dan kelelahan. Jika dibiarkan terlalu lama, insomnia dapat berakhir pada depresi.

Mungkin Anda selama ini langsung minum obat tidur untuk membantu cepat terlelap. Tapi, obat tidur dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi terus-menerus. Karena itu, biji pala merupakan salah satu pengobatan alami terbaik yang membantu mengatasi masalah susah tidur di malam hari. Agar tidak lagi menggunakan obat kimia, berikut cara mengolah biji pala menjadi ramuan mengatasi insomnia.

1. Ambil satu atau dua biji pala kering. Kemudian Giling dua biji pala tersebut.

2. Namun, Anda juga bisa menggunakan beberapa pala bubuk yang tersedia di pasar

3. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan pala bubuk ke segelas air hangat

4. Tutup gelas berisi air yang telah dicampur pala selama 5 menit

5. Saring campuran air pala tersebut dan kemudian meminumnya

5. Anda dapat meminum segelas air pala hangat ini 4-5 jam sebelum tidur untuk mengatasi insomnia hanya dalam 2 hari

Meski dapat mengatasi masalah susah tidur di malam hari, Anda harus tetap berhati-hati dengan biji pala. Biji pala ini hanya aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Satu sampai dua biji pala dalam sehari masih cukup aman dikonsumsi. Lebih dari 2 biji pala dalam sehari, efeknya justru membahayakan kesehatan (BB-DIP)