Pemakaman Pasien Covid-19 di TPU Covid 19 di Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon pada pukul 16.15 WIT.
Pemakaman Pasien Covid-19 di TPU Covid 19 di Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon pada pukul 16.15 WIT.

BERITABETA.COM, Ambon – Salah satu pasien yang terkonfirmasi Covid-19 berinisial AT (73 tahun) asal  kota Ambon dinyatakan meninggal dunia di RSUD dr Haulussy Ambon,  pukul 04.00 WIT, Sabtu (15/8/2020).

AT  terkonfirmasi positif Covid-19 melalui hasil swab.  Pasien meninggal saat dirawat di ruang isolasi RSUD dr.Haulussy Ambon.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com menyebutkan, pasien AT dirawat di RSUD dr.Haulussy 15 Agustus pukul 01.00 WIT.  Setelah dirujuk dari RS Bhakti Rahayu dengan keluhan penyakit penurunan kesadaran dan tidak sadarkan diri. Pasien juga mengalami gagal pernapasan yang menjurus ke Covid-19.

AT langsung dilakukan penanganan dengan melakukan rapid test dengan hasil non reaktif, namun setelah dilakukan swab cepat hasilnya positif, sehingga langsung ditangani sesuai SOP pasien Covid-19.

Setelah ditangani tim medis, pada pukul 04.00 WIT pasien dinyatakan meninggal dunia di ruang isolasi Covid-19 RSUD dr.Haulussy Ambon, dengan keterangan medis karena gagal pernapasan. Jenazah AT kemudian dikremasi di ruang jenazah Covid-19 untuk dimakamkan dengan standar operasi prosedur (SOP) dan protokol COVID-19 Provinsi Maluku.

Jenazah AT diantar menggunakan mobil ambulance milik RSUD dr Haulussy Ambon dan mendapat pengawalan dari personil Sabhara Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease menuju TKU Covid 19 di Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon pada pukul 16.15 WIT.

Untuk diketahui, pasien tersebut memiliki riwayat penyakit sudah lama, namun mendapat perawatan di kediaman almarhum dan baru masuk RSUD dr Haulussy Kudamati Ambon. (BB-YP)