BERITABETA.COM, Ambon – Wakil Gubernur [Wagub] Maluku Barnabas Nathaniel Orno mengatakan, isu pelestarian lingkungan hidup telah menjadi perhatian global.

Hal ini karena implikasi pembangunan secara langsung telah menguras SDA [sumber daya alam] secara signifikan sehingga berdampak terhadap kelestarian lingkungan hidup.

"Saya yakin, jika kita mampu menjaga dan senantiasa menghidupkan nilai kearifan lokal dalam kehidupan masyarakat, maka lingkungan hidup di sekitar kita akan jauh lebih baik di masa yang akan datang," kata  Wagub Maluku saat membuka  Jambore Pecinta Alam  tingkat Provinsi Maluku ke -23 Tahun 2021 di lapangan sepak bola, Negeri Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat [SBB], Minggu, (28/11/2021).

Menurut Wagub, pelaksanaan Jambore Pecinta Alam yang menjadi kegiatan rutin tahunan bagi kader pecinta se-Maluku merupakan momentum strategis untuk mempererat silaturahmi diantara seluruh komponen, komunitas dan masyarakat pecinta alam.

Momentum ini sekaligus menjadi ajang dalam merumuskan dan menyatukan persepsi dan kesepahaman untuk menjawab berbagai permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di sekitar.

"Seyogya-nya kita memberikan perhatian yang besar terhadap kualitas lingkungan hidup, sehingga dapat menjamin kelangsungan hidup kita. dengan demikian diharapkan agar pembangunan selalu berwawasan dan berorientasi pada prinsip pembangunan ramah lingkungan," ujar Wagub.

Ia pun memberikan apresiasi kepada seluruh komponen, komunitas dan masyarakat PA di Maluku, yang telah melakukan langkah konstruktif bersama seluruh pemangku kepentingan, dalam rangka melestarikan lingkungan hidup.

Pemprov Maluku kata Wagub,  tidak dapat bekerja sendiri dalam menyelesaikan isu lingkungan, tetapi membutuhkan dukungan dan kerjasama dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk komponen, komunitas dan masyarakat pecinta alam yang ada di Maluku.

Tanpa kerjasama serta dukungan masyarakat, maka sulit bagi pemerintah untuk dapat menciptakan sinergitas dalam menghasilkan program dan kegiatan pembangunan berbasis dan berorientasi lingkungan.

"Penyelenggaraan Jambore Pecinta Aalam  ini tentunya akan membangun kesadaran kita semua, terhadap isu kelestarian lingkungan hidup dan permasalahan ekologis lainnya," tutup Wagub (BB)

Editor : Redaksi