BERITABETA.COM, Ambon – Partai Gelora Indonesia, secara nasional akan melakukan penanaman 10 juta anakan pohon yang dimulai pada Minggu (28/11/2021).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada tanggal 28 November 2021.

Untuk Provinsi Maluku,  Dewan Pimpinan Wilayah [DPW] Partai Gelora Maluku kebagian sebanyak 110 ribu anakan pohon yang akan ditanam di 11 kabupaten/kota se-Maluku.

Ketua DPW Gelora Maluku, Talib Soumena kepada media ini mengaku, untuk Provinsi Maluku, penanaman secara akan  dari beberapa wilayah observasi, di kawasan Air Besar, Desa Batu Merah Atas, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

"Kita mulai dari Kota Ambon. Penanaman 10 juta pohon secara nasional, dan 110 ribu pohon untuk Maluku, kita mulai dari hari ini, hingga tahun 2023 mendatang,"katanya.

Menurutnya, penanaman 110 ribu anakan pohon yang dilakukan pihaknya di Maluku itu, tidak hanya difokuskan di Kota Ambon saja, melainkan di seluruh Maluku.

"Jadi kalau 110 ribu anakan yang kita punya ini, kalau dibagi rata untuk 11 kabupaten/kota di Maluku, maka masing-masing mendapatkan 10 ribu anakan,"ungkapnya.

Menurutnya, sesuai arahan Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta, penanaman 10 juta pohon bertujuan untuk melestarikan lingkungan guna menunjang keberlangsungan kehidupan manusia.

"Yang terpenting, melalui kegiatan ini Partai Gelora ingin memantapkan kesadaran Internal para kader tentang pentingnya melestarikan lingkungan. Setiap kader, diwajibkan menanam 25 anakan,"paparnya.

Tidak hanya itu, Soumena mengaku, guna mensukseskan kegiatan dimaksud  pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, untuk bersinergi dalam upaya penanaman 110 pohon di 11 kabupaten/kota.

"Isu cuaca sekarang ini kan, yang paling hangat itu yakni perubahan iklim. Makanya kita telah audensi bersama Dishut Maluku, untuk bisa bersinergi. Sebab penanaman pohon yang dilakukan saat ini, pasti berdampak besar bagi lingkungan,"terangnya.

Ditempat yang sama, Staf Ahli Gubernur, Umar Al-Habsi menyampaikan apresiasi tinggi terhadap Partai Gelora Indonesia, atas kegiatan penanaman pohon.

Sementara itu, mewakili Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, Asisten II Fahmi Salatallohy mengatakan, kegiatan yang dilakukan Partai Gelora, sangat membantu Pemerintah Kota.

"Pemerintah Kota juga punya program kelestarian lingkungan seperti ini, makanya dengan adanya penanaman pohon oleh Partai Gelora, Pemkot merasa sangat terbantu,"katanya.

"Satu yang menjadi harapan Pemerintah Kota Ambon, agar kegiatan seperti ini jangan hanya difokuskan pada wilayah Arbes saja, tapi harus juga lokasi lainnya di Kota Ambon,"tandasnya.

Untuk kegiatan penanaman yang dilakukan partai Gelora mendapat berbagai anakan Pohon dari dinas Kehutanan Provinsi (BB)

Editor : Redaksi