BERITABETA.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) telah memberikan informasi terkait bagaimana ciri-ciri infeksi virus Corona baru bagi seseorang.

Virus ini sudah menghasilakn strain baru, seiring waktu, gejala-gejala untuk mengidentifikasi seseorang apakah terpapar Corona Covid-19 atau tidak, terus dikabarkan.Namun baru-baru ini sebuah penelitian telah dilakukan dan terdapat beberapa gejala baru, terutama karena ada orang yang tidak menunjukkan gejala batuk maupun sesak napas beberapa hari setelah terinfeksi. Salah satunya adalah muncul ruam.

Randy Jacobs, MD, seorang dokter kulit berbasis di California, mengamati kasus-kasus ruam misterius pada tiga pasiennya yang didiagnosis dengan Corona Covid-19.

Berikut ciri-ciri baru yang dimungkinkan ada pada orang terinfeksi virus Covid-19 dilansir dari beragam sumber:

Kehilangan Indera Penciuman

Menurut sebuah studi baru di Amerika Serikat yang dipublikasikan di Forum Internasional Alergi and Rhinologi, kehilangan bau secara tiba-tiba tampaknya merupakan tanda awal Corona Covid-19.

Terutama, kata dia, pada mereka yang memiliki kasus ringan. Pada lebih dari 1.000 pasien dengan gejala mirip flu yang tidak terdiagnosis, para ahli menemukan mereka yang kehilangan bau dan rasa memiliki peluang 10 kali lipat lebih besar untuk positif Corona Covid-19.

“Tanda pertama yang paling umum dari infeksi COVID-19 tetap demam, tetapi kelelahan dan kehilangan bau dan rasa mengikuti gejala awal yang sangat umum,” ujar ahli THT dan ahli bedah kepala dan leher Carol Yan dari University of California San Diego seperti yang dilansir dari Science Alert.

Dengan mensurvei 1.480 pasien, para peneliti menemukan lebih dari 100 orang dinyatakan positif Corona Covid-19.

Di antara kelompok pasien ini, kehilangan bau dan rasa sangat umum terjadi, tetapi indera ini biasanya kembali dalam dua hingga empat minggu infeksi, sesuai dengan waktu pemulihan penyakit secara keseluruhan.

Dibandingkan dengan demam atau kelelahan, kehilangan bau atau rasa, sering kali dapat diabaikan atau dijelaskan, yang berarti bahwa banyak orang dengan gejala ini bisa menjadi ‘penyebar senyap’ dari virus tanpa menyadarinya.

Muncul Ruam

Lima jenis makanan ini harus dihindari saat tubuh mengalami gatal dan ruam kulit. Randy Jacobs, MD, seorang dokter kulit berbasis di California, mengamati kasus-kasus ruam misterius pada tiga pasiennya yang didiagnosis dengan Corona Covid-19.

Yang unik dari ruam ini adalah ruamnya datang dan pergi, tidak seperti ruam lain yang biasanya terkait dengan infeksi virus seperti cacar air, campak, atau bahkan demam berdarah.

Di Italia, di mana angka kematian akibat coronavirus berada di urutan kedua setelah AS, sebuah studi pengamatan kecil terhadap 88 pasien menunjukkan bahwa 20,4 persen dari mereka mengembangkan beberapa bentuk kondisi kulit yang berspekulasi terkait dengan Corona Covid-19.

“Ada kemungkinan bahwa pasien Corona Covid-19 pada awalnya mungkin mengalami ruam kulit yang dapat salah didiagnosis sebagai penyakit umum lainnya,” ucap Beuy Joob, PhD dari Sanitation Medical Academic Center di Bangkok.

Dalam kasus unik ini, ruam bebas gatal ini bisa disebabkan oleh respons sistem kekebalan Anda terhadap virus.

“Jika ruam bersifat sementara (datang dan pergi), apa yang kami curigai adalah sekelompok partikel virus dilepaskan ke dalam aliran darah pada saat itu,” kata Dr. Jacobs.

Ruam itu sendiri disebabkan oleh penyumbatan darah yang disebut oklusi vaso. Ketika Anda memblokir darah, maka tidak mendapatkan oksigen.

“Jadi apa yang harus Anda lakukan jika Anda mengalami ruam spesifik ini? Dengan segala jenis ruam kronis, selalu bicarakan dengan dokter kulit Anda untuk menentukan program pengobatan potensial, yang mungkin mengarah pada tes Corona Covid-19,” kata Dr. Jacobs.

Mata Merah Muda

Virus Corona Covid-19 yang baru juga dapat menyebabkan mata menjadi merah muda atau merah jambu. Para peneliti China mengatakan, virus itu dapat menyebar melalui air mata.

Dalam sebuah studi, dari 38 pasien dengan Corona Covid-199, 12 di antaranya juga memiliki mata merah muda (konjungtivitis). Pada dua pasien, virus corona terdapat dalam cairan hidung dan mata.

“Beberapa pasien Corona Covid-19 memiliki gejala okular dan mungkin virus Corona baru ada dalam sekresi konjungtivitis pasien dengan Covid-19,” kata peneliti Dr. Liang Liang dari departemen ophthalmologi di Universitas China Three Gorges di Yichang dilansir dari Medicine Net.

Konjungtiva adalah lapisan tipis transparan jaringan yang melapisi bagian dalam kelopak mata dan mencakup bagian dari putih mata.

Liang mengatakan, virus Corona dapat menyerang pada pasien dengan pneumonia Covid-19 yang parah.

“Itu berarti virus dapat menyebar jika seseorang menggosok mata yang terinfeksi dan kemudian menyentuh orang lain, atau selama pemeriksaan mata,” ucap Liang.

Diare

Kalau orang merasa stres, marah, dan tertekan, akan merasakan sakit pada perutnya. Apa alasannya?

Menurut sebuah studi baru, beberapa pasien dengan Corona Covid-19 mengalami gejala gastrointestinal, terutama diare sebagai tanda pertama penyakit ini.

Di antara pasien Corona Covid-19 yang memiliki gejala ringan secara keseluruhan, akan mengalami gejala sesak napas kemudian. Namun beberapa tidak pernah mengalaminya sama sekali.

“Temuan ini penting karena mereka yang tidak memilikigejala umumCOVID-19, seperti batuk, sesak napas dan demam, mungkin tidak terdiagnosis dan berpotensi menyebarkan penyakit kepada orang lain,” kata para peneliti.

Namun, mereka mencatat bahwa masalah pencernaan sangat umum terjadi secara keseluruhan dan tidak berarti bahwa seseorang telah terinfeksi Corona Covid-19.

Tetapi dokter harus menyadari bahwa gejala pencernaan mendadak pada orang dengan kemungkinan pernah memiliki kontak dengan virus atau pasien Corona Covid-19.

“Setidaknya harus segera mempertimbangkan penyakit,” tulis para penulis dalam makalah mereka, yang diterbitkan sebelum dicetak Senin (30 Maret) dalam The American Journal of Gastroenterology.

Penelitian ini bukan yang pertama melaporkan gejala pencernaan sebagai tanda Corona Covid-19.

Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diposting pada 18 Maret dalamjurnalyang sama menemukan bahwa, di antara sekitar 200 pasien Corona Covid-19 di tiga rumah sakit di Wuhan, China, sekitar 50 persen melaporkan setidaknya satu gejala pencernaan dan 18 persen melaporkan diare, muntah, atau sakit perut.

Namun, penelitian itu dan yang lain cenderung berfokus pada pasien dengan penyakit parah, bukan pada pasien dengan penyakit ringan.

Gejala umum dari infeksi Corona Covid-19 termasuk demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk kering, kelelahan dan kesulitan bernapas atau sesak napas dan napas pendek. Penyakit ini menyebabkan lesi paru-paru dan pneumonia.

Beberapa gejala ini tumpang tindih dengan gejala flu, membuat deteksi menjadi sulit, tetapi ingusan dan sinus tersumbat lebih jarang terjadi. Kebanyakan orang jatuh sakit lima hingga tujuh hari setelah terpapar, tetapi gejalanya dapat muncul hanya dalam dua hari atau sebanyak 14 hari (BB-DIP)