BERITABETA, Ambon – Tim Search And Rescue (SAR)  dari Pos SAR Tual berhasil mengevakuasi Jelle Veyt (32), warga negara asing (WNA) asal Belgia, di perairan laut Maluku Tenggara (Malra) dalam keadaan selamat. Jelle dilaporkan hilang, Kamis 18 Oktober 2018 malam sekitar pukul 20.45 WIT.

“Korban berhasil dievakuasi regu penyelamat yang menggunakan Kapal Negara (KN) SAR 242 Bharata pada koordinat 06 derajat 02`12`S – 132 derajat 13`14`E dan langsung menuju pelabuhan Tual,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin di Ambon, Jumat (19/10/2018).

Jelle Veyt, WNA asal Belgia yang diselamatkan tim dari Posko SAR Tual, Kamis (18/10) (Humas SAR Ambon)

Pencarian korban berawal dari adanya laporan Lussy, seorang pegawai Dinas Pariwisata Kota Tual ke Pos SAR Tual.

Lussy mengaku telah mendapat laporan dari isteri Jelle Veyt kalau korban menggunakan perahu long boat kayak dalam perjalanan dari Pulau Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat menuju Tual namun mengalami kelelahan sehingga meminta bantuan regu penyelamat.

“Posisi saat dilaporan berada pada koordinat 06 derajat 3`19`S – 132 derajat 15`39 E dan jarak dari Pelabuhan Perikanan Tual 44 NM dengan arah 228,33 derajat barat daya,” ujar Muslimin.

Sehinggga regu penyelamat dari Pos SAR Tual beserta unsur potensi SAR menggunakan KN SAR 242 Bharata langsung menuju lokasi untuk melakukan upaya pencarian dan penyelamatan.

Regu penyelamat yang melakukan upaya pencarian adalah tim SAR, Polres Maluku Tenggara, Polairud Malra dan Dinas Pariwsata Kota Tual

“Korban yang ditemukan dalam keadaan selamat langsung dievakuasi ke Kota Tual dan menjalani pemeriksaan kesehatan,” katanya. (BB/ANT/DIO)