BERITABETA.COM, Ambon – Sebnayak 1.068 calon Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 27 Jemaah Haji Embarkasi Antara Provinsi Maluku resmi dilepas oleh Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie., M.Si., IPU, di Aula Asrama Haji Waiheru Ambon, pada Jumat (31/5/2024).

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku Dr. H. Yamin, S.Ag., M.Pd, dalam laporannya menjelaskan pemberangkatan Jemaah calon haji hari ini berdasarkan pada Keputusan Menteri Agama Nomor 1005 tahun 2023 Tentang Kuota Haji.

Dimana kuota, kata dia untuk Provinsi Maluku kuota haji meningkat dari tahun sebelumnya menjadi 1.068, di dalamnya juga ada peningkatan jumlah petugas yang sebelumnya paling banyak 3-5 orang, tetapi sekarang petugas yang dipersiapkan sebanyak 9 orang.

Yamin juga menyampaikan untuk calon jemaah haji Provinsi Maluku yang tertua berusia 94 Tahun, sementara yang termuda berusia 18 Tahun.

Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, pribadi dan seluruh masyarakat, menyampaikan selamat menunaikan ibadah haji kepada seluruh calon jemaah haji asal Provinsi Maluku.

“Kepada seluruh calon jemaah haji asal Provinsi Maluku, selamat menunaikan ibadah haji, semoga perjalanan dan ibadah haji bapak ibu berjalan aman dan lancar,” ucap Pj. Gubernur.

Ia menjelaskan, Ibadah haji selain melaksanakan rukun dan amalannya, juga membangun persaudaraan dan ukhuwah islamiah.

“Jalinlah komunikasi dan silaturahmi dengan sesama calon jemaah haji dari berbagai dareah baik dari Indonesia maupun yang berasal dari negara lain, oleh karena itu jadikanlah momen ini sebagai kesempatan untuk memperluas jaringan dan memperkaya pengalaman spiritual,” jelas Sadali.