BERITABETA.COM, Ambon — Terhitung tinggal tiga hari lagi, atau tepat pada 31 Mei 2024, Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Maluku mulai diberangkatkan ke Tanah Suci.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Dr. H. Yamin dalam rilisnya yang diterima beritabeta.com di Ambon, Selasa (28/5/2024).

Yamin menjelaskan, sehari sebelum keberangkatan atau pada 30 Mei 2024, jemaah akan bergerak memasuki Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Maluku di Desa Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon yang dimulai dari kloter 27 UPG.

"Jemaah haji Provinsi Maluku yang tergabung dalam Kloter 27 akan masuk asrama pada tanggal 30 Mei 2024 dan insya Allah tiga hari lagi, tepatnya pada tanggal 31 Mei 2024, telah siap untuk diberangkatkan menuju Arab Saudi,” ungkap Dr. H. Yamin.

Dia menandaskan, untuk kesiapan layanan dalam menyambut kedatangan JCH, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) EHA Provinsi Maluku telah maksimal melakukan langkah-langkah persiapan.

“Sampai dengan hari ini, mulai dari layanan akomodasi telah maksimal disiapkan oleh panitia. Kemudian layanan kesehatan juga sudah maksimal dilakukan persiapan secara intens oleh Badan Kekarantinaan Kesehatan Ambon. Kemudian terkait dengan layanan konsumsi, juga sudah dikomunikasikan dengan pihak katering dan layanan transportasi juga sudah disiapkan juga dari Satop Perhubungan,” tandasnya.

Ia mengaku, dalam waktu dekat ini, seluruh panitia akan bersinergi untuk menyukseskan penyelenggaraan haji dengan skema EHA sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 164 Tahun 2023 terkait dengan penetapan Maluku sebagai Embarkasi Haji Antara dan sesuai dengan Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Nomor 185 tahun 2023 tentang layanan One Stop Service, bahwa seluruh penyelenggaraan haji tahun ini akan bermula dari Asrama EHA Maluku.