BERITABETA.COM, Bula — Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku dijadwalkan akan diberangkatkan pada bulan depan atau 1 Juni 2024.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) SBT, M. Jen Tepinalan kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (13/5/2024) pagi.

Tepinalan menerangkan, sesuai koordinasi dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) SBT, pada 30 Mei nanti mulai digelar acara pelepasan, sehingga pada 1 juni 2024 mereka akan diberangkatkan dari Kota Bula.

"Sesuai dengan yang kita sudah bicarakan dengan Kesra, terkait dengan keberangkatan, Insya Allah kalau tidak ada halangan itu tanggal 30 bulan ini pelepasan. Tanggal 1 kita ke Ambon dan tanggal 2 kita ke Makassar tukar pesawat langsung ke Jeddah," ungkap M. Jen Tepinalan.

Ditanya bagaimana kesiapan keberangkatan JCH, dia mengaku, sejauh ini kesiapan sudah lumayan siap.

"Kalau kesiapan, Alhamdulillah kita sudah lumayan siap," akuinya.

Dia membeberkan, beberapa waktu lalu Kemenag SBT sudah membagikan tiga buah tas kepada masing-masing JCH untuk mengisi barang-barang bawaan mereka, termasuk pakaian.

Barang-barang ini tambah dia, nantinya akan diserahkan kembali ke Kantor Kemenag setempat untuk dibawa ke Jeddah hingga Madinah.

"Terkait dengan mereka bawa juga, seperti tas. Tas itu mereka dapat tiga, kita sudah bagikan untuk isi pakaian-pakaian. Nanti akan diserahkan lagi ke kita untuk kita bawa ke Jeddah maupun Madinah," bebernya.

Sebelumnya, Kepala Kemenag SBT berujar, untuk musim haji 2024 ini ada sebanyak 93 JCH yang akan diberangkatkan, namun ada 3 JCH yang melakukan mutasi dengan alasan mendampingi atau penggabungan dengan orang tua mereka yang melaksanakan haji dari daerah luar Provinsi Maluku.

"Untuk tahun ini 93 orang yang nanti akan berangkat, sementara 3 orang mendampingi orang tuanya di Pulau Jawa atau di luar Maluku," ujarnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi