BERITABETA.COM, Ambon — Warga Kota Ambon dihimbau untuk selalu waspada terhadap bencana alam yang dapat terjadi selama musim hujan.

Himbauan itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Rustam Latupono di Ambon, Senin (13/5/2024).

Rustam menandaskan, meskipun intensitas hujan beberapa hari ini tidak selalu tinggi, namun masyarakat harus waspada.

"Kendati intensitas hujan tidak selalu tinggi, tapi masyarakat harus selalu waspada dari segala potensi bencana yang bisa saja melanda," tandas Rustam Latupono.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu berujar, hujan bisa saja berpotensi memunculkan bencana banjir, longsor, angin kencang hingga pohon tumbang.

Untuk itu, dia mengingatkan kepada warga agar begitu tanda-tanda bencana muncul, mereka segera untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Jadi begitu tanda-tanda bencana itu muncul, segera untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman," ujarnya.

Dia membeberkan, hujan beberapa hari di Ambon telah memakan korban. Salah satu pohon di kawasan Jalan Said Parintah, Kecamatan Sirimau tumbang dan menimpa angkot yang melintas.

Selain itu tambah dia, longsor dan pohon tumbang juga sudah terjadi di Benteng, Batu Gong dan Hukurila, Kota Ambon akibat hujan deras dan angin kencang.

"Kita juga punya daerah-daerah yang rawan longsor. Kemudian bagi yang tinggal di bantaran sungai, untuk lebih meningkatkan waspada," ingatnya. (*)

Editor : Redaksi