Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Buru saat melakukan seleksi untuk memilih calon pemain mewakili Kabupaten Buru untuk mengikuti seleksi  Tim Nasional U-16 dan U-19 (Foto : beritabeta.com)
Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Buru saat melakukan seleksi untuk memilih calon pemain mewakili Kabupaten Buru untuk mengikuti seleksi Tim Nasional U-16 dan U-19 (Foto : beritabeta.com)

BERITABETA.COM, Namlea - Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Buru menggelar seleksi calon pemain yang diproyeksikan untuk Tim Nasional U-16 dan U-19.

Dari hasil seleksi itu ditemukan 10 pemain berbakat untuk mengikuti seleksi lanjutan di tingkat Propinsi Maluku.

Sekertaris Askab PSSI Buru, Said Saanun kepada beritabeta.com di Namlea, Rabu (17/03/2021), mengatakan,  seleksi ini digelar untuk menindaklanjuti surat dari Asprov PSSI Maluku  yang meminta data pemain terbaik.

Menurut Said, untuk menyikapi hal tersebut Askob PSSI Buru langsung menyeleksi pemain calon Timnas U-19 dan U-16.

"Waktunya memang mepet karena surat edaran dari Asprov PSSI baru kami terima tanggal 12 Maret dan ,sudah harus m nyampaikan Hadi tanggal 14 Maret lalu," kata Said.

Meskipun demikian, pihaknya tetap menggelar seleksi agar transparan dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua pemain muda sesuai usia tersebut yang berasal dari seluruh club' yang bertebaran di Kabupaten Buru.

Dari seleksi yang sangat mepet itu, terdapat sebanyak  78 pemain muda usia 16 tahun dan usia 19 tahun yang ikut berpartisipasi.  Dan ditemukan 10 pemain berbakat, yakni 5 pemain di U-16 tahun dan 5 pemain lagi di kategori U-19 tahun.

Lima pemain usia 16 tahun itu masing-masing : 1) Zulfikar Solisa, 2) Umar Bay, 3) Muhamad Iqbal Katong, 4) Tubagus Ziedan Makatita, dan 5) Fadil Mustaqim Sangadji. Mereka k lahiran tahun 2006 - 2007.

Sedangkan Pemain di usia 19 tahun yang lolos seleksi antara lain , 1) Aan Hairun Hamzah Soamole, 2) Amsar Siompo, 3)  Andi Fitriadi M Madapongan, 4) Isran Kelibai,  dan 5) Rafik Kabau. Mereka kelahiran tahun 2003 - 2004.

"Hasil seleksi ini telah kita kirim ke Asprov PSSI Maluku. Namun belum ada pemberitahuan lagi kalau seleksi lanjutannya nanti di Ambon atau di Jakarta,"tutup Said (BB-DUL)