BERITABETA.COM - Sundulan kepalanya ke gawang yang dijaga Nguyen Filip kala itu membuat seantero pecinta sepak bola tanah air menjadi riang. Selasa 26 Maret 2024, seakan menjadi hari apes bagi The Golden Star Warriors. Timnas Vietnam harus kembali menerima kekalahan. Mereka bukan lagi momok yang menakutkan.

Puncaknya di laga Grup F putaran dua Kualifikasi Piala yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Permainan  ciamik Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan membuat Timnas Vietnam harus mengubur mimpi untuk melaju ke putaran ketiga.

Saat itu sebuah nama baru pun mucul. Ruang-ruang publik menjadi riuh dengan sebuatan baru yang dilontarkan suporter Timnas Indonesia.

“Bang Jayadi, Bang Jayadi,” Reaksi spontan suporter sepak bola tanah air menuai tanya.

Siapa sosok yang dimaksud?

Ternyata dia tak lain adalah Jay Idzes. Jay Idzes turut mengantarkan cleansheet dalam dua pertandingan Indonesia lawan Vietnam pada Maret lalu. Tak heran publik sepak bola tanah air begitu mengidolakannya.

Kehadiran Jay Idzes alias Bang Jayadi telah memberi warna baru bagi timnas Indonesia. Pemain yang menyelesaikan proses naturalisasi pada 28 Desember 2023 itu langsung menjadi andalan juru taktik Shin Tae –yong.

Bek berusia 24 tahun ini memang menjadi tumpuan pertahanan Timnas Indonesia pasca ditinggal Jordi Amat yang terkena cedera saat itu.

Hadirnya sosok Bang Jayadi juga disambut baik karena ia terlihat sangat lugas dalam mengatur pertahanan.

"Saya adalah tipe pemain yang berusaha mengatur. Semua yang terlibat dalam pertandingan berusaha memastikan pemain berada di posisi yang tepat, mencoba mengendalikan permain dan tentu menariknya ke arah kami," ucap Idzes dikutip dari situs resmi FIFA.

Dari pengakuannya, Bang Jayadi memang banyak bicara di lapangan. Bahkan ketika membela timnas Indonesia, ia lebih bawel dibandingkan kala bermain bareng klubnya Venezia.