Catatan : M. Djen Latuconsina

Jauh sebelum Bang Kolonel Said Latuconsina (SL) mengemban jabatan sebagai Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) IX Halong, Ambon terdengar kabar dari handaitolannya, ia akan sampai pada pangkat jenderal. Bahkan tak kalah kencang pembicaraan keluarganya, pada waktu yang akan datang ia bakal mencalonkan diri sebagai Gubernur Maluku.

Berbagai informasi tersebut membuat saya penasaran, namun tak langsung menanyakannya kepada Bang Said tapi langsung kepada seniornya Letnan Jenderal Purn Nono Sampono.

Tepatnya, pada awal tahun lalu, saat  berkunjung ke Kantor Bawaslu Kota dalam kapasitasnya sebagai pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

"Pak Nono apa Bang Said Latuconsina bisa mencapai pangkat jenderal ?".

Pak Nono pun katakan dengan bahasa diplomatis, "Bisa capai pangkat jenderal jika prestasinya bagus."

Ia pun merespons pertanyaan menyangkut Bang Said yang dibicarakan keluarganya kedepan akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Maluku. Mantan Komandan Marininir hanya mengatakan, "Perwira tentara aktif tentu tak bisa ikut dalam politik."

Saya tak mencoba untuk berbicara lebih jauh lagi, tapi dari pembicaraan saya dengan Pak Nono, ekspetasi beliau, Bang Said akan menjadi jenderal, sedangkan untuk tampil di gelanggang politik Maluku Pak Nono tidak terlampau meresponinya secara serius.

Barangkali sebagai senior yang sama-sama berlarut di Korea Marinir, dan sama-sama berasal dari Maluku, lebih memberikan spirit agar Bang Said mengikuti jejaknya tatkala masih aktif, dan tampil di pentas politik saat sudah purna bakti dari dunia ketentaraan.

Begitu jua pada suatu kesempatan di awal tahun ini, saat saya bersama kawan-kawan melakukan audensi dengan Danlantamal IX Halong, Ambon, Laksamana Pertama Eko Jokowiyono. Saat itu, juga hadir Bang Said, saya sempat mengutarakan pembicaraan saya dengan mantan Dan Marinir, dimana kata Pak Nono Bang Said akan bisa mencapai pangkat jenderal.

Mendengar pembicaraan saya itu Danlantamal, Laksamana Pertama Eko dengan nada bercanda katakan, "Pak Said akan jenderal, kalau saya tidak"