BERITABETA.COM, Ambon – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IX, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina dan jajarannya mengunjungi kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Kamis (24/02/2022).

Kunjungan Danlantamal IX dan rombongan diterima oleh Rektor IAIN Ambon Dr. Zainal Abidin Rahawarin, beserta seluruh unsur pimpinan kampus. Mereka melaksanakan pertemuan sambil berdiskusi lepas substansinya memajukan dua instansi.

Rektor IAIN Ambon mengapresiasi Danlantamal dan unsur pimpinannya yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke kampus berjuluk hijau ini.

“Kunjungan Danlantamal beserta unsur pimpinanan hari ini, tentunya merupakan suatu kehormatan bagi kami,” ujar Rektor IAIN.

Rektor mengutarakan sesuai visi-misi IAIN Ambon yang akan bertransformasi ke Universitas Islam Negeri atau UIN, dengan mengusung pendidikan berbasis kepulauan dan kemaritiman, maka Lantamal menjadi salah satu instansi pemerintah di Maluku dianggap sangat tepat untuk membangun kerjasama, dalam rangka mewujudkan visi IAIN Ambon, khususnya untuk membangun sumber daya manusia di Maluku pada bidang kemaritiman dan teritorial.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam Negeri, kata Rektor, IAIN Ambon selalu membuka diri untuk bekerjasama dengan seluruh instansi, baik pemerintah maupun swasta, untuk bersama-sama membangun Maluku yang lebih baik di masa mendatang.

Terkait pengembangan UIN, menurut Rektor, IAIN Ambon telah membuka lahan baru seluas 61 hektare di kawasan Negeri Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Selanjutnya [lahan] tersebut akan dibangun kampus baru demi mewujudkan visi-misi yang diusung dimaksud, guna peralihan status IAIN menjadi UIN.

Dalam diskusi lepas ini, Rektor sembari memperkenalkan dirinya selaku lulusan magister ketahanan nasional dari UGM, yang merupakan program kerjasama dengan Lemhannas Kemenhan RI.

Sebagai orang yang memahami ketahanan nasional, menurut dia, kerjasama dua instansi ini maka sangat tepat untuk membangun keamanan teritorial demi memajukan Provinsi Maluku.

"Saya sangat berterima kasih atas kunjungan pak Jenderal beserta pimpinan Lantamal IX ke kampus kami. Insha Allah, kami akan melakukan kunjungan balik, agar hubungan ini terus terjaga. Kami juga membutuhkan dukungan pembinaan bersama TNI AL," tutur Rektor.

Rektor IAIN Ambon Dr Zainal Abidin Rahawarin menerima cenderamata dari Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.
Rektor IAIN Ambon Dr Zainal Abidin Rahawarin menerima cenderamata dari Danlantamal IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Sementara itu, Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina juga menyambut hangat kerjasama dua instansi seperti yang disampaikan oleh rector IAIN.

Danlantamal mengemukakan, soal penerimaan anggota TNI AL, saat ini diprioritaskan untuk putra-putri daerah, khususnya lagi di wilayah Maluku.

Ia mengungkapkan, untuk penerimaan anggota TNI AL belakangan ini, oleh pusat, langsung memberikan kepercayaan kepada panitia daerah, untuk melakukan seleksi di tingkat daerah.