BERITABETA.COM, Ambon – Setelah menjalani pengobatan di Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Ambon, PSSI akhirnya membawa bintang Timnas Indonesia U-16 Alfin Lestaluhu yang menjadi korban gempa di Ambon untuk menjalani perawatan intensif di ibukota Jakarta.

Alfin diboyong ke Jakarta setelah menjalani perawatan di RST Ambon, sejak 3 Oktober 2019. Namun kondisi bek kanan Timnas U-16 ini belum menunjukan pemulihan yang signifikan.

Pemain asal Negeri Tulehu ini menjadi salah satu tulang punggung keberhasilan timnas U-16 menembus Piala Asia 2020. Melihat kondisi Alfin yang belum stabil membuat federasi sepakbola Indonesia membantu dengan memindahkan Alfin ke RS Royal Progress di Jakarta, Senin (7/10/2019).

Kondisi Alfin Lestaluhu sebelum dibawa ke Jakarta

Seperti dikutip beritabeta.com dari akun Instagram ligaindonesiatv menyebutkan, “kabarnya Alfin muntah muntah dan tidak bisa masuk makanan. Setelah menjalani perawatan di RST Ambon, PSSI membawa Alfin Lestaluhu ke RS Royal Progress Jakarta untuk mendapatkan Perawatan yg lebih intensif. GWS Alfin Lestaluhu,” tulis akun itu.

Kondis Alfin Lestaluhu, diharapkan semakin membaik setelah pengobatannya dipindah dari Ambon ke Jakarta oleh PSSI.

Dalam unggahan yang diposting akun Instagram ligaindonesiatv, terlihat ada video ketika Alfin Lestaluhu tiba di Bandara Internasional Seokarno Hatta Jakarta. Dalam video itu terlihat Alfin ditandu keluar pesawat oleh beberapa orang menuruni tangga pesawat.  

Seperti diberitakan sebelumnya, Alfin bersama keluarga  sempat mengungsi di lokasi pengungsian kawasan Kampus Unidar Ambon, Negeri Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Punggawa Timnas Indonesia U-16, akhirnya dilarikan ke RST  Ambon, karena sakit yang diderita.

Pada Rabu malam (2/10/2019) dari akun Instagram resmi PSSI yang menyebut defender armada Garuda Muda  telah menjalani perawatan di RST. Alfin Lestaluhu, bersama keluarga juga menjadi korban gempa di Ambon yang terjadi Kamis 26 September 2019 WIT lalu.

Akun Instagram PSSI mengunggah sebuah foto dan ucapan dukungan buat Alfin. Dalam keterangannya, PSSI menyebut bahwa saat ini Alfin tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon.

Foto yang yang diunggah itu, juga tampak Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Maluku, Sopyan Lestaluhu, yang tengah menjenguk Alfin.

“Ketua Asosiasi PSSI Provinsi Maluku, Sopyan Lestaluhu, menjenguk pemain Timnas U-16, Alfin Lestaluhu, yang saat ini dirawat di RST Ambon. Alfin merupakan salah satu korban gempa bumi yang terjadi di sekitar wilayah Maluku dan Ambon beberapa waktu lalu. Lekas pulih dan segera merumput kembali, Alfin!” bunyi pernyataan PSSI di Instagram.

Alfin merupakan salah satu pemain andalan Bima Sakti Tukiman di ajang kualifikasi Piala Asia U-16, yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada pertengahan September 2019. 

Saat Timnas Indonesia  U-16 membatai Filipina 4-0, pemain asal Negeri Tulehu ini mencetak satu gol pada laga yang digelar 16 Septeber 2019. Alfin saat itu mencetak gol ketiga buat Timnas U-16, pada menit 52.

Dukungan terhadap Alfin juga disampaikan Bima kepada salah satu pemain andalannya itu. Lewat akun Instagram pribadinya, mantan asisten Luis Milla Aspas di Timnas U-23 ini mendoakan Alfin untuk segera pulih dan bisa kembali ke lapangan.

“Tetap kuat Alfin, seperti kekuatanmu serta pengorbananmu untuk mengejar cita – citamu menjadi pemain timnas, seperti karaktermu yang selalu kau tunjukkan didalam lapangan, yang tak kenal lelah dan kompromi mengahalau menghadang semua serangan lawan dalam setiap pertandingan. Ayo anak muda… bangkit dan semangat.

Terimakasih kepada bapak Erwin Syahril Al Thaib Lestaluhu beserta ibu yang telah mendidik Alfin, dia anak baik, sopan, rajin beribadah dan satu lagi suara Azannya merdu sekali…luar biasa, semoga lekas sembuh buat Alfin,” tulis Bima di Instagram. (BB-DIO)