BERITABETA.COM, Namlea – Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi didampingi Ketua DPRD, M Rum Soplestuny dan  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Buru menyalurkan sebanyak 100 ton beras untuk dibagikan gratis kepada masyarakat.

Penyaluran bantuan beras gratis 100 ton itu merupakan beras produksi petani lokal di Dataran Waeapo.  Kegiatan ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati dan Forkopimda bertempat diaula kantor bupati, Kamis (28/5/2020).

Beras gratis ini akan dimulai dari desa paling terujung Waehotong di Kecamatan Airbuaya hingga menjangkau desa-desa lainnya di 10 kecamatan di Kabupaten Buru.

Dandim 1506/Namlea Letkol Inf Syarifuddin Azis, Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati, Sekda Kabupaten Buru Ilyas Bin Hamid serta Seluruh Staf Ahli dan Kepala OPD jajaran Pemkab Buru turut hadir dalam kegiatan ini.

Dalam arahan singkatnya saat melepas pemberangkatan 100 ton beras gratis itu, Ramli  mengatakan, dalam menghadapi pandemi virus corona masyarakat dianjurkan untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, sehingga tidak akan ada masyarakat yang terkena penyakit tersebut.

Pemerintah Kabupaten Buru, kata dia, akan terus berupaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Terkait dengan hal itu, maka telah dilakukan launching  bantuan 100 ton beras yang akan dibagikan kepada masyarakat, sebagai bentuk antisipasi dampak dari Covid -19.

Menyinggung lebih jauh tujuan dari bagi-bagi gratis 100 ton beras ini, bupati mengatakan, bahwa produksi beras di musim panen saat ini mencapai 5000-an ton. Namun produksi yang melimpah itu tidak dapat dipasok keluar akibat dampak dari Covid-19.

Mengantisipasi hal itu, sebagian beras produksi petani ini dibeli dari petani kemudian dibagikan gratis kepada masyarakat yang juga turut terdampak dengan adanya waspada bencana non alam di daerah itu.

“Hal ini turut membantu para Petani dan sebagai langkah antisipasi yang dilakukan dengan anggaran yang bersumber dari APBD dan sebagian dari APBN. Serta dukungan dari Dinas Sosial juga Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buru,”ujar Bupati Buru.

“Bantuan ini juga diperuntukan bagi nelayan, pekerja buruh kasar dan lainnya yang mengalami dampak Pandemik penyebaran Virus Covid-19,” urainya.

Diakhir sambutannya bupati tidak lupa mengucapkan  terima kasih kepada Dandim 1506/Namlea dan Kapolres Pulau Buru, yang telah turut serta mendukung dengan tanpa lelah semua kegiatan Pemda Buru dan ucapan terimakasih kepada tim medis.

“Tidak lupa juga kepada awak media yang sudah memberi informasi kepada masyarakat selama ini, tentang perkembangam penanganan Covid-19 di Kabupaten Buru,” ucap bupati.

Kemudian dengan menggunakan dua truck  besar, Bupati secara resmi melepaskan Tim yang akan menyalurkan Bantuan ini, dengan titik sasaran pertama di Kecamatan Airbuaya dan disekitarnya. (BB-DUL)