BERITABETA.COM, Ambon – Ketua DPP PDI-Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menyampaikan optimismenya pada Pemilu 2024 mendatang, PDI-Perjuangan Maluku mampu meraih 10 kursi di DPRD Maluku.

Di Maluku sesuai perintah Ketua Umum Megawati Sukarno Putri, PDI-P harus tampil kembali sebagai pemenang untuk Pemilu Legislatif dan Pilpres. Kemenangan ini akan menjadi jembatan menuju Pilkada November 2024 mendatang.

"Pemilu Februari 2024 itu adalah  ujian menuju Pilkada 2024.  Dan saya lihat potensi  di Maluku  minimal harus dapat 10 kursi. Sekarang  baru 7 kursi. Harusnya 10 kursi, karena dengan melihat gerakan partai seperti ini. Saya optimis, yakin dan percaya  bahwa target itu sepertinya bisa di  capai," ungkap Djarot kepada wartawan usai mengikuti pembukaan Pelatihan dan Pendidikan Kader Madya Angkatan I PDIP Maluku, di Wisma Gonzalo, Ambon, Sabtu (5/11/2022).

Menurut Djarot sesuai dengan perintah Ketua Umum PDI Perjuangan, bahwa penguatan kader dan pengembangan kader itu mendapatkan porsi terbesar, sehingga perintahnya adalah bangun sekolah partai dan manfaatkan sekolah partai, itu secara terus-menerus. 

"PDI Perjuangan sudah mempunyai sekolah partai. Jadi  untuk 2024 itu target kita sebagai Partai Politik yang menang lagi dong. Dengan kemenangan yang semakin besar, tentunya semua itu butuh kader-kader yang sudah di gembleng disini untuk di turunkan di lapangan,"katanya.

Ia menegaskan, salah satu fokus PDI- Perjuangan  adalah mengembleng para kader, menyiapkan mereka  sebagai calon pemimpin, untuk bisa ditugaskan di berbagai macam lembaga, baik itu dieksekutif, legislatif maupun lembaga-lembaga publik yang lain.

"Jadi kita fokus untuk menyiapkan kader, karena fungsi utama untuk partai politik itu melakukan  pendidikan partai politik dan melakukan kaderisasi,"ujarnya.

PDI – Perjuangan kata dia akan tetap konsisten melakukan kaderisasi secara berjenjang ataupun kaderisasi melalui sekolah Partai.

"Maluku itu termasuk DPD dan DPC yang paling aktif untuk melakukan proses  kaderisasi secara berjenjang. Di Maluku sudah dilakukan terlebih dahulu kaderisasi tingkat pratama yang pertam. Dan begitu selesai semua maka naik keatas  tingkat madya. Itu yang menjadi fokus partai,"tutupnya  (*)

Pewarta : Febby Sahupala