BERITABETA.COM, Ambon — General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula memberikan kuliah umum bagi puluhan mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro, Akuntasi dan lainnya di Universitas Darussalam Ambon, Sabtu (7/9/2024).

Diketahui, kegiatan kuliah umum yang digelar pihak Kampus Unidar Ambon ini sebagai salah satu agenda rutin internal kampus.

General Manager PT PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam kesempatan tersebut memaparkan materi terkait 'Pemanfaatan Sumber Daya Alam Maluku untuk Energi Terbarukan dalam Mewujudkan Keberlanjutan Energi Ramah Lingkungan dan Penguatan Ekonomi Masyarakat'.

Awat mengungkapkan, mahasiswa Unidar Ambon ini akan menjadi generasi penerus yang harus secara cerdas memenfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) daerah ini untuk kemajuan Maluku.

"Mahasiswa di Unidar ini akan menjadi generasi penerus yang harus secara cerdas memanfaatkan SDA Maluku untuk kemajuan daerah, tanpa merusaknya," ungkap Awat Tuhuloula.

Ia menerangkan, implementasi kerja-kerja PLN di Maluku sangat memperhatikan kondisi geografis dan mempertimbangkan dampak lingkungan selama ini, patut untuk dipelajari para mahasiswa.

Untuk itu, dia berharap, melalui kelas yang diberikannya, para mahasiswa di jurusan terkait bisa meningkatkan pemahaman tentang energi baru terbarukan demi terwujudnya energi yang ramah lingkungan.

"Kami berharap, kedepannya akan lebih banyak insan PLN yang berasal dari putra-putri daerah, dan berminat meningkatkan potensi alam Maluku demi kemaslahatan bersama," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia menguraikan gambaran umum tentang wilayah kerja PLN UIW MMU, kondisi kelistrikan di Pulau Ambon hingga pembangunan infrastruktur kelistrikan dengan memanfaatkan energi baru terbarukan.

Puluhan mahasiswa tampak antusias mengikuti kuliah umum tersebut, dengan aktif memberikan pertanyaan dan berdiskusi bersama.

Sementara itu, Rektor Unidar Ambon, M. Riadh Uluputty sangat mengapresiasi kehadiran General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula.

Uluputty mengungkapkan, pentingnya pemahaman mahasiswa terkait bagaimana PLN memanfaatkan SDA untuk kemajuan dan kemudahan akses energi di Maluku. 

"Kami sangat mengapresiasi kehadiran pak GM PLN UIW MMU di kuliah umum ini. Mahasiswa perlu untuk belajar langsung dari praktisinya, terutama pada jurusan Teknik Mesin maupun Teknik Elektro. Hal ini sangat berhubungan karena mereka di masa mendatang yang nantinya berhubungan dengan kelistrikan," ungkap M. Riadh Uluputty. (*)

Editor : Redaksi