BERITABETA.COM, Bula — Sebanyak 40 desa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku pada 2024 ini mendapat alokasi kinerja Dana Desa (DD).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) SBT, Ridwan Rumonin kepada wartawan usai menghadiri rapat paripurna di DPRD setempat, Jumat (6/9/2024) sore.

Rumonin merincikan, masing-masing desa ini mendapat tambahan anggaran senilai Rp 120 juta dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), namun dia tidak menjabarkan desa mana-mana saja yang menerima.

"Di tahun ini yang mendapatkan alokasi tambahan, alokasi kinerja namanya, itu hanya 40 desa. Tambahan 120 juta per desa. Itu dari Kementerian," ungkap Ridwan Rumonin.

Dia mengemukakan, tambahan anggaran yang diberikan Pemerintah Pusat (Pempus) melalui kementerian kepada desa-desa ini sebagai bentuk penghargaan terhadap kinerja mereka.

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tatapem) Sekretariat Daerah (Setda) SBT itu berujar, kinerja yang dinilai itu meliputi kearsipan di desa, laporan-laporan yang lengkap dan administrasi lain yang cukup baik

"Jadi penilaian atau penghargaan terhadap kinerja. Mungkin mereka punya reword atas kearsipan mereka, atas laporan-laporan mereka yang lengkap, administrasi mereka yang cukup baik, maka diberikan reword," ujarnya.

Untuk diketahui, Kemenkeu telah mengumumkan desa-desa penerima alokasi kinerja DD anggaran 2024, dengan total anggaran sebesar Rp2 triliun.

Dana ini akan disalurkan kepada 15.124 desa di seluruh Indonesia berdasarkan kriteria kinerja dan penghargaan desa. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi