BERITABETA.COM, Ambon – Satu unit bangunan Asrama Mahasiswa di Kampus A Universitas Darussalam (Unidar), Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah,  ludes dilalap si jago merah. Kejadian ini terjadi sekitar  pukul 19.00 WIT, Jumat (30/8/2019).

Berdasarkan kronologis kejadian yang diterima beritabeta.com dari Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp Lease, IPDA. J. Kaisupy menerangkan, saksi Jalil Hunusalela (32) yang Kabag Perlengkapan Unidar Ambon, saat berada di teras rumah (perumahan dosen kompleks kampus)  saksi melihat ada api yang menyala.

Saksi mengira ada orang yang sedang membakar rumput. Penasaran dengan kondisi itu, saksi kemudian datang menghampiri sumber api. Saat dekat dengan sumbernya, saksi mengaku karena sumber api tersebut ternyata berasal dari dalam Asrama lama milik mahasiswa.

Melihat kondisi ini, kata Kaisupy, saksi kemudian bergegas keluar bangunan dengan maksud untuk menurunkan/mematikan handel listrik, untuk mencegah konslet dari ancaman api.

“Saksi belum sempat untuk menurunkan handel listrik, tapi dikejutkan dengan bunyi ledakan di dalam ruangan, dan  saya berlari keluar,” ungkap saksi seperti ditirukan Kaisupy.

Saksi mengaku, menghubungi petugas PLN untuk mematikan aliran listrik  dari gardu  yang ada di areal kampus. Namun, api telah membesar dan menjalar ke seluruh sudut bangunan.

Selanjutnya, IPDA. J. Kaisupy menerangkan,  dari keterangan saksi  Abd. Kader Kotta (53)  pegawai PLN, yang beralamat di Perumahan Guru Pohon Mangga Desa Tulehu, mengatakan, saksi dihubungi oleh saksi Jalil melalui telepon meminta tolong agar pihak PLN agar bisa mematikan aliran listrik di gardu.

“Saksi ditelpon oleh saksi Jalil yang meminta agar naik ke Kampus Darusallam untuk memadamkan gardu listrik karena saat ini bangunan Asrama Mahasiswa sudah terbakar,”urai Kasubbag Humas Polres.

Mendengar informasi tersebut, saksi kemudian bersama petugas PLN datang ke TKP untuk mematikan gardu listrik tersebut.

Kebakaran bangunan Asrama Mahasiswa Unidar ini, terjadi cukup cepat.  Api membesar dan membias kepada ruangan yang lain, sehingga  membuat masyarakat datang membantu padamkan api.

Sementara dilaporkan dari kejadian ini tidak terdapat korban jiwa. Kebakaran hanya mengakibatkan kerugian materil berupa satu bangunan Asrama Mahasiswa milik Unidar hangus terbakar, sebanyak 200 buah kursi kuliah ludes dilalap, dan sejumlah perlengkapan mahasiswa lainnya yang ikut hangus.

Hingga berita ini diturunkan, belum dapat dipastikan penyebab terjadinya kebakaran ini, hal ini dikarenakan bangunan Asrama Mahasiswa Unidar ini merupakan bangunan lama dan tidak ada aliran listrik di dalam bangunan tersebut.

Pada pukul 19.30 WIT, pihak Polsek Salahutu tiba di TKP dipimpin oleh Kanit IK Polsek Salahutu  serta Pers Piket Penjagaan dan Bhabinkamtibmas Negeri Tulehu yang langsung membantu mengamankan TKP, mengatur arus lalu lintas di daerah TKP.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.45 WIT, setelah  4 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di TKP dibantu warga sekitar (BB-DIAN)