BERITABETA.COM, Sofifi — PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara terus berupaya untuk memastikan kestabilan pasokan listrik di wilayah kerjanya.

Melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi, PLN mendatangkan mesin dengan kapasitas 4.800 kW dengan rincian 6 Unit mesin 800 kW.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula mengungkapkan, langkah ini diambil guna mendukung kebutuhan energi listrik masyarakat sekitar serta menyuplai  PT Dewa Agricoco Indonesia dengan kebutuhan daya 1100 kVa, di PLN Unit Layanan Pelanggan Jailolo.

"Wilayah Jailolo di Maluku Utara ini memiliki potensi yang luar biasa di bidang industri. Tentu saja membutuhkan akses kelistrikan yang dapat menunjang pengoperasiannya. Untuk itu, Kami mendatangkan fasilitas sistem kelistrikan ini untuk menyuplai listrik yang lebih andal lagi," ungkap Awat Tuhuloula pada Sabtu (7/9/2024).

Awat membeberkan, PT Dewa Agricoco Indonesia yang bergerak di sektor industri pengolahan kelapa ini diproyeksikan akan memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Untuk itu kata dia, dengan penambahan daya ini, PLN siap mendukung operasional perusahaan secara optimal.

"Kami berharap, industri ini dapat mendorong perputaran perekonomian di wilayah Jailolo dan masyarakat semakin tersejahterakan," bebernya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Sofifi, Yekti Kurniawan memastikan, dengan mesin baru ini, PT Dewa Agricoco Indonesia dan pelanggan lainnya dapat menikmati pasokan listrik yang stabil dan cukup untuk mendukung kegiatan operasional Pelanggan.

Yekti mengaku, ini juga akan membantu mengantisipasi melonjaknya pemakaian daya yang melebihi kapasitas daya dari PLTD Jailolo.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah ini dengan menyediakan pasokan listrik yang andal dan berkualitas. Penambahan mesin berkapasitas 4.800 kW ini merupakan langkah penting untuk memastikan setiap pelanggan, baik individu maupun industri, dapat memperoleh pasokan listrik yang mereka butuhkan," akui Yekti Kurniawan.

Dia berujar, instalasi dan pengujian mesin ini ditargetkan dapat melakukan COD tanggal 1 Oktober 2024, sehingga dapat segera beroperasi dan memberikan kontribusi positif terhadap kestabilan listrik di wilayah Halmahera Barat.

Ia menegaskan, PLN UP3 Sofifi juga terus memantau kebutuhan pelanggan di daerah tersebut dan siap melakukan penyesuaian lebih lanjut sesuai mitigasi dan pemetaan kebutuhan. (*)

Editor : Redaksi