BERITABETA.COM, Namrole –  Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menjadi salah satu partai yang laris didatangani para bakal calon kepala daerah (Bacalkada). Sejumlah kandidat hingga kini terus mengincar  rekomendasi Partai Hanura itu sebagai tiket menuju Pilkada di Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Tercatat, hingga Kamis (21/11/2019) masih ada 2 orang Bacalkada yang mengutus timnya untuk mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Tim Penjaringan Calkada DPC Partai Hanura Kabupaten Bursel.

“Hari ini ada 2 orang Bacalkada yang mengambil formulir pendaftaran, yakni Pak Sahlan Tomia sebagai Calon Bupati dan Pak Muhammad Nasir Solissa sebagai Calon Wakil Bupati,” kata Ketua Tim Penjaringan Calkada DPC Partai Hanura Kabupaten Bursel, Moh Nur Nurlatu kepada wartawan di Namrole, Kamis (21/11/2019) sore.

Dengan demikian, lanjutnya, telah tercatat sebanyak 17 orang Bacalkada yang mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat Tim Penjaringan Calkada DPC Partai Hanura Kabupaten Bursel.

“Sampai sekarang sudah ada 17 figur yang ambil formulir pendaftaran yang terdiri dari 10 Calon Bupati dan 7 Calon Wakil Bupati,” urainya.

Selain itu, tambahnya, sudah ada pula Bacalkada yang mengkonfirmasi akan mengambil formulir pendaftaran.

“Sudah ada yang konfirmasi mau ambil formulir pendaftaran, tetapi waktunya kapan, kami menunggu saja,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, sudah ada Bacalkada yang telah mengkonfirmasi akan melakukan pengembalian berkas pada hari Minggu (24/11) mendatang.

“Jadi, hari Minggu selesai ibadah ada rencana Pak Tos Teslatu Calon Wakil Bupati akan lakukan pengembalian berkas,” terangnya.

Sebelumnya, Nurlatu merincihkan, untuk hari pertama pembukaan proses penjaringan, Senin (18/11) lalu tercatat sejumlah Bacalkada yang mengambil formulir pendaftaran yang terdiri dari 5 Calon Bupati dan 3 Calon Wakil Bupati.

Untuk Calon Bupati terdiri dari Safitri Malik Soulisa, Bachtiar La Galeb, Elisa F Lesnussa, Masrudin Solissa dan Frets Lesnussa. Sedangkan Calon Wakil Bupati terdiri dari Sami Latbual, Nikolaus Nurlatu dan Frans Nicolas Kuara.

Sementara di hari kedua, Selasa (19/11/2019), Calkada yang mengambil formulir pendaftaran hanya 2 orang yakni Abdurahman Soulisa sebagai Calon Bupati dan Tos Teslatu sebagai Calon Wakil Bupati.

Sementara di hari ketiga, Rabu (20/11/2019), tercatat sebanyak 3 orang Calon Bupati orang yang mengambil formulir pendaftaran yang terdiri dari Muhammad Mukaddar, Abdul Muthalib Laitupa dan Idrus Waly. Sedangkan Calon Wakil Bupati sebanyak 2 orang yang terdiri dari Gerson Eliezer Selsily dan Sedek Bahta.

Ia mengaku Partai Hanura tetap terbuka untuk putra putri terbaik ini yang ingin berkompetisi dalam Pilkada Bursel dengan tiket Partai Hanura yang saat ini memiliki 2 kursi di DPRD Kabupaten Bursel.

Olehnya itu, lanjut Nurlatu yang juga Sekretaris DPC Partai Hanura Kabupaten Bursel ini, pihaknya tetap stay di Sekretariat Tim Penjaringan untuk menunggu kedatangan Calkada yang ingin mengambil formulir pendaftaran maupun melakukan proses pengembalian berkas pendaftaran.

“Untuk Minggu pertama ini mulai pukul 09.00-15.00 WIT. Sedangkan Minggu kedua mulai pukul 09.00-18.00 WIT,” terangnya.

Jadi, tambah Nurlatu, dengan waktu yang diberikan selama 2 Minggu itu, setiap Calkada secara individu maupun secara berpasangan bisa mengambil formulir pendaftaran maupun melakukan proses pengembalian berkas pendaftaran. (BBDUL)