BERITABETA,COM – Netizen Indonesia marah.  Instagram resmi milik AFF, jadi sasaran dengan berbagai macam komentar dari para pecinta sepak bola Indonesia.

Ini terjadi setelah pada Minggu (10/7/2022) pagi, AFF mengunggah sebuah foto melalui akun instagram resmi mereka. Foto tersebut berisi regulasi terkait jalannya turnamen Piala AFF U-19 2022 ini.

Regulasi tersebut juga menjelaskan bagaimana cara menentukan kelolosan sebuah tim jika memiliki poin yang sama dengan tim lainnya.

AFF menyatakan bahwa mereka akan melihat situasi head to head antar tim terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang lolos.

Setelah melihat head to head dan hasilnya tetap imbang, maka selisih gol akan berperan penting menentukan tim yang lolos.

Regulasi inilah yang memasung hasrat Shin Tae-yong untuk membawa Timnas U-19 melaju ke babak semi final Piala AFF U-19.

Meski tampil gemilang di laga terakhir melawan Myanmar di penyisihan Grup A, dengan skor telak 5-1, tapi hasil itu tidak serta membawa asa Timnas Indonesia ke laga berikutnya.

Rabbani Tasnim Siddiq dan kawan-kawan, harus mengakhiri perjuangan meraka di Piala AFF U-19.

Peraturan ini pun baru saja diterapkan pada Piala AFF U-19 2022 dan langsung menjadi polemik tersendiri.

Padahal, bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Indonesia lebih ganas. Meski  gawang Indonesia lebih dulu kebobolan pada menit ke-8 oleh La Min Htwe. Namun, keunggulan itu tak berlangsung lama.

Skuad Garuda Nusantara mendominasi penguasaan bola sepanjang pertandingan. Mereka tampil luar biasa dan disiplin dalam menyerang dan bertahan. Namun, di akhir laga, Timnas U-19 Indonesia harus menerima kenyataan bahwa mereka gagal ke semifinal.

Pertandingan Vietnam dan Thailand di laga akhir babak penyisihan grup yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, pada waktu yang sama, berakhir imbang dengan skor 1-1. Hasil itu memastikan kedua tim itu yang berhak lolos ke semifinal. Mereka keluar sebagai juara dan runner up dari Grup A.

Meski mengemas nilai sama dengan kedua tim itu, yakni 11 poin dan bahkan unggul dalam selisih gol dari mereka, tim asuhan Shin Tae-yong harus tersingkir. Penyebabnya, Indonesia vs Vietnam dan Indonesia vs Thailand, semuanya berakhir skor sama 0-0.

Dengan hasil pertandingan babak penyisihan grup, Vietnam sebagai juara Grup A akan menghadapi Malaysia yang berstatus runner up Grup B di semifinal. Sedangkan, Thailand yang menjadi runner up Grup A akan berhadapan dengan Laos yang menjadi juara Grup B.

Atas hasil ini, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mengaku ikut sedih. Menurutnya, timnas Indonesia tersisih lantaran regulasi yang dicanangkan oleh panitia Piala AFF U19 2022.

“Kondisi semacam ini terjadi dikarenakan regulasi. Sebenarnya saya sangat sedih kita gagal ke semifinal,” ujar Iwan Bule.

Dia menyebutkan jika permainan Vietnam dan Thailand tak pantas dilakukan oleh tim manapun.

“Namun menurut saya, permainan Thailand dan Vietnam tak boleh dijalankan oleh tim besar,” imbuhnya (*)

Editor : Redaksi