BERITABETA.COM, Masohi -  Menjelang Hari Raya Idul Adha 2023,  Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kabupaten Malteng, Senin (26/06/2023).

Gerakan ini dilakukan secara serentak di di 301 Kabupaten/Kota. Untuk Kabupaten Malteng di pusatkan di Gedung Pasar Binaya, Kota Masohi.

Penjabat Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy saat membuka kegiatan GPM ini  menyampaikan kegiatan ini digelar untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pangan menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Kondisi ini sudah sering terjadi memasuki hari besar keagamaan,  harga-harga bahan pangan cenderung meningkat dengan berbagai alasan subjektif oleh para produsen, distributor bahkan pedagang lokal,” kata Marasabessy.  

Menurutnya, kondisi harga pasar yang relatif tidak stabil akibat sikap para produsen/distributor/pedagang lokal  menaikan harga-harga pangan secara sepihak akan berimbas kepada masyarakat sebagai konsumen.

Mencermati kondisi tersebut, kata Marasabessy, Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional telah melakukan terobosan dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan dan upaya meminimalisir harga pangan.

“Semua ini guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Dan hari ini telah menetapkan suatu gerakan nasional yang dinamakan Gerakan Pangan Murah,”tandasnya.

Alumnus Universitas Pattimura ini mengatakan, GPM adalah wujud komitmen pemerintah sebagai regulator dan eksekutor untuk mengawasi, menfasilitasi dan memastikan bahwa masyarakat selaku konsumen tetap mampu menjangkau harga-harga pangan secara proporsional guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga/rumah tangga setiap harinya.

“Tentunya ini diutamakan kepada masyarakat kelompok ekonomi lemah atau yang berpendapatan terbatas,” ungkapnya.

Marasabessy berjanji, Pemkab Malteng akan selalu hadir memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan sekaligus menjadi problem solving agar masyarakat merasakan keadilan dan kesejahteraan.

“Pasca kegiatan Pasar Murah ini, saya akan secara rutin turun ke masyarakat, mengunjungi pasar, melakukan operasi pasar guna memastikan bahwa harga-harga dipasar tetap stabil dimana hal ini penting, karena sangat berkorelasi dengan upaya pemerintah daerah untuk mengendalikan dan menurunkan inflasi di Kabupaten yang kita cintai ini,”tandasnya.

Pemkab Malteng melalui Dinas Ketahanan Malteng menyediakan ratusan paket sembako dan beberapa komoditi untuk dijual kepada masyarakat dengan harga di bawah pasar.

Daftar harga komditi yang dijual di Pasar murah adalah Beras dijual dengan harga Rp. 53.500 per 5 kg, minyak goreng Rp. 13.000/liter, gula pasir Rp. 14.000/kg dan telur Rp. 60.000/rak.  Selain itu bawang merah dijual dengan harga Rp. 36.000/kg, bawang putih Rp. 38.000/kg, cabe rawit Rp. 50.000/kg an cabe keriting Rp. 60.000/kg (*)

Pewarta : Jubeda Sanaky