BERITABETA.COM, Ambon – Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Maluku melakukan beberapa langkah strategis dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas. Salah satunya dengan pembentukan Satuan Kerja menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Senin (30/1/2023)

Kakanwil Kemenkumham Maluku M. Anwar N mengatakan, langkah-langkah strategi melalui Pembangunan Zona Integritas dengan penetapan Satker untuk diusulkan WBK/WBBM sebagai upaya menghilangkan perilaku penyimpangan terkait penyalahgunaan wewenang, praktek KKN, diskriminasi, dan lemahnya pengawasan.

Anwar menegaskan bahwa dengan pelaksanaan kegiatan ini tertanam keseriusan, tekad untuk melakukan perubahan untuk meraih WBK.

“Lewat kegiatan ini saya mengajak bapak/ibu untuk bersama-sama merubah pola pikir dan budaya kerja ke arah yang lebih baik sehingga tercipta lingkungan kerja yang benar-benar bebas dari korupsi dan berkinerja baik, kita jadikan sebagai kewajiban bukan hanya menjadi slogan,” ujar Anwar saat membuka kegiatan tersebut.

Ia menegaskan, di tahun 2023 Kanwil Kemenkumham optimis untuk meraih predikat WBK.  Ia juga meminta pejabat pengawas dan Kepala Satker untuk melakukan pengawasan dalam pengimplementasiannya. 

“Seluruh Ka. UPT dan Pejabat Pengawas memiliki kewajiban dalam melakukan pengawasan secara berkala sehingga semua kebutuhan terkait pemenuhan data dukung yang terdapat dalam 6 area perubahan dapat terpenuhi sebagai salah satu indikator dalam komponen pengungkit dan juga indikator yang terdapat dalam komponen hasil,” lanjutnya.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga Rabu, 1 Januari 2023, yang dipusatkan di Aula Kantor Kemenkumham serta dihadiri Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Kepala UPT di dalam kota Ambon (*)

Pewarta: Febby Sahupala