BERITABETA.COM – Sejak menjadi tanaman populer dan menjadi incaran petani di Indonesia keran memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, ternyata tanaman porang juga memiliki keunggulan lain yang patut dicoba.

Umbinya yang populer itu juga mengandung ragam khasiat bagi kesehatan manusia. Terdapat belasan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan salah satunya adalah mampu mengatasi penyakit diabetes.   Jenis tanaman yang menghasilkan umbi-umbian ini umumnya tumbuh di daerah tropis maupun subtropis. Di Indonesia, porang juga kerap disebut sebagai ‘iles-iles’.

Porang yang memiliki nama ilmiah ‘Amorphophallus muelleri’ yang memiliki kandungan senyawa bernama Konjac glucomannan (KGM) yang teksturnya sekilas terlihat seperti tepung. Nah, konjac glucomannan inilah yang menjadi penghasil manfaat porang. Ini dikarenakan KGM diperkaya oleh sejumlah zat penting seperti karbohidrat, serat, dan zat lainnya yang bersifat antikoksidan hingga antiinflamasi.

Dikutip dari doktersehat.com, mengonsumsi porang adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi jenis penyakit diabetes. Khasiat porang untuk mencegah dan mengatasi diabetes sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Bioactive Carbohydrates and Dietary Fibre pada tahun 2015.

Berdasarkan hasil penelitian itu, diperoleh fakta bahwa mengonsumsi porang dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh, utamanya para penderita diabetes tipe 2 (diabetes mellitus). Dengan catatan, konsumsi porang harus disertai dengan American ginseng.

Selain itu, kandungan serat pada porang yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama sedikit banyak membantu Anda untuk mengontrol frekuensi makan sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Selain mampu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, mengkonsumsi porang juga mampu untuk menurunkan berat badan. Setiap orang yang ingin menurunkan berat badan wajib mencoba  memasukkan porang ke dalam menu diet sehari-hari.

Pasalnya, kandungan serat pada porang disebut-sebut dapat membantu menjaga berat badan tetap terkontrol karena mampu menghasilkan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, frekuensi makan dapat ditekan.

Ini juga dibuktikan dengan sebuah studi yang dirilis pada tahun 2005 silam yang menyebutkan mengonsumsi suplemen glucomannan yang terbuat dari tanaman porang efektif untuk membakar sekitar 1200 kalori.

Glucomannan yang dimiliki oleh porang juga menghasilkan manfaat porang  dalam merawat kesehatan kulit. Manfaat tanaman porang untuk merawat kesehatan kulit ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh American Journal of Dermatology and Venereology pada tahun 2013.

Menurut hasil studi tersebut, porang memiliki potensi untuk menghilangkan jerawat dan merawat kulit secara keseluruhan. Akan tetapi, klaim ini masih memerlukan studi lanjutan agar lebih kuat.

Pada penelitian lainnya, porang dengan kandungan glucomannan-nya terbukti efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan glucomannan membantu mengoptimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Sayangnya, klaim manfaat porang yang satu ini belum bisa dikatakan kuat oleh karena objek penelitian yang digunakan masih berupa hewan. Perlu adanya studi lanjutan dengan objek manusia untuk memperkuat bukti. (BB-IS)