BERITABETA.COM – Timnas Spanyol kembali menunjukan kematangannya dalam mengolah si kulit bundar. Tampil memukau, La Furia Roja berhasil menguburkan mimpi Kroasia di Euro 2020 dengan skor 5:3 dalam laga babak 16 besar di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Senin malam (28/6/2021).

Skuad asuhan Luis Enrique menggedor pertahanan Kroasia di awal babak pertama namun tak membuahkan hasil. Justru gawang Spanyol bobol karena kesalahan Unai Simon yang tak mampu menahan bola back pass kiriman Pedri pada menit ke-20.

Setelah tertinggal 0-1, Spanyol baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-38 melalui Pablo Sarabia yang memanfaatkan bola rebound tendangan Jose Gaya.

Spanyol memperlebar keunggulan melalui aksi Ferran Torres. Mendapat umpan panjang dari Pau Torres, Ferran Torres kemudian melewati Duje Caleta-Car dan mencetak gol pada menit ke-76.

Lima menit menjelang waktu normal usai, Orsic menuntaskan kemelut di depan gawang Spanyol. Kendati jala gawang tak bergetar, sensor goal line technology di jam wasit menyatakan gol sah terjadi.

Pada menit kedua injury time, tim berjuluk Vatreni kembali menyamakan kedudukan melalui Mario Pasalic yang menyundul umpan Orsic.

Kelanjutan laga di babak tambahan berlangsung sengit. Kroasia memiliki peluang melalui Orsic, Pasalic, dan Kramaric dalam dua kesempatan berbeda.

Mengoleksi dua peluang dengan bermain terbuka, Kroasia kembali tertinggal. Menit ke-100 Alvaro Morata menyelesaikan umpan Dani Olmo memanfaatkan kesalahan Brekalo yang tidak bisa menghalau bola.

Tiga menit berselang Spanyol kembali mencetak gol. Lagi-lagi Olmo yang berada di sisi kiri mengirim umpan matang ke koridor tengah yang kali ini diselesaikan Mikel Oyarzabal.

Kroasia kembali mengawali babak kedua extra time dengan peluang emas. Sepakan Ante Budimir hanya berujung tendangan penjuru.

Spanyol pun sempat menciptakan peluang melalui Morata dan Olmo, namun tidak ada lagi gol tercipta. Skor 5-3 memastikan Spanyol ke perempat final.

Susunan pemain inti Kroasia vs Spanyol:

Kroasia:

Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Domagoj Vida, Duje Caleta-Car, Josko Gvardiol; Luka Modric, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Nikola Vlasic, Bruno Petkovic, Ante Rebic

Spanyol:

Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Jose Gaya; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Alvaro Morata, Pablo Sarabia (BB-DIP)