Proses vaksinasi terhadap para Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Ina Kaka, desa Passo, Kecamata Baguala, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (02/03/2021).
Proses vaksinasi terhadap para Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Ina Kaka, desa Passo, Kecamata Baguala, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (02/03/2021).

BERITABETA.COM, Ambon – Pemerintah Kota Ambon lewat Dinas Kesehatan Kota Ambon, mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia atau Lansia. Kegiatan ini menindaklanjuti surat edaran Menteri Kesehatan Republik Indoneisa (Menkes RI), tentang vaksinasi Covid-19 Bagi para Lansia.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy mengatakan, vaksinasi terhadap para Lansia ini dimulai di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Ina Kaka, desa Passo, kecamata Baguala, Selasa (02/03/2021).

Sesuai perintah Pemerintah Pusat menyerukan vaksinasi dilakukan terhadap lansia berusia 60 tahun ke atas. "Setelah vaksinasi terhadap tenaga kesehatan yang berusia 60 tahun ke atas, pekan ini sudah mulai dengan lansia di PTSW Ina Kaka Passo,” ujar drg. Wendy Pelupessy.

Pada Rabu besok (03/03/2021), vaksinasi terhadap lansia dilanjutkan pada 14 pos di masing-masing desa, kelurahan dan negeri, Kecamatan Sirimau. Setiap desa, negeri dan kelurahan ini terdapat pos-pos yang sudah dibangun pemerintah.

Wendy menyebut, Pos yang dibangun di Kota Ambon sebanyak 50 untuk vaksinasi Lansia. Pos itu dibuka agar lebih mendekatkan para Lansia ke pusat vaksinasi. Karena jika hanya berdasarkan Puskesmas dan rumah sakit hanya ada 29, yang terdiri dari  22 Puskesmas.

"Sebab tdak semua desa, kelurahan dan negeri ada Puskesmas, sehingga kita membuka pos-pos,” tuturnya.