BERITABETA.COM, Ambon – Pelantun lagu-lagu khas Ambon, Mitha Talahatu mendapat penghargaan dari Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif. Pelantun lagu ‘Lalah deng Rindu’ ini dinilai membangkan, karena karya-karyanya yang memukau. Eksistensi Mitha yang juga sebagai anggota Koprs Bhayangkari itu telah mengharumkan Polri.

Penghargaan ini diberikan pada acara syukuran peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 70 yang digelar di aula kediaman Kapolda Maluku di Aspol Tantui, Kota Ambon, Rabu (19/10/2022).

“Kepada ibu-ibu Bhayangkari, diharapkan tidak saja menjadi ibu rumah tangga, tapi juga bisa berkarya dan berprestasi,” kata Kapolda dalam sambutannya.

Kepada Mitha Talahatu yang merupakan istri dari anggota Satuan Brimob Polda Maluku, Kapolda berharap agar bisa menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat.

“Kami juga berharap Mitha dapat menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat, dan juga bisa membawa visi dan misi polri untuk kedamaian,” harapnya.

Selain itu, Kapolda juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus Bhayangkari Daerah Maluku, yang sukses meraih juara 3 lomba Bhayangkari Terpeduli UMKM.

Lomba Bhayangkari Terpeduli terhadap UMKM tersebut diselenggarakan oleh pengurus Bhayangkari Pusat.

Terpisah, Mitha Talahatu mengaku kaget dengan penghargaan yang diterima. Ia merasa penghargaan yang diterima merupakan suatu surprise dan kebanggaan bagi dirinya dan keluarga.

“Beta (saya) termasuk kaget karena memang itu begitu surprise, karena memang dari awal beta hanya diminta untuk berpartisipasi untuk sumbang dua lagu, tapi untuk penghargaan itu beta baru tahu tadi pas (saat) namanya dibaca,” ungkap Mitha.

Mitha mengaku jujur sebagai seorang Bhayangkari kadang tidak terlalu rutin terlibat dalam kegiatan yang dilakukan oleh pengurus Bhayangkari.

“Dan ini suatu kebanggaan besar bagi beta bisa dipercayakan Kapolda Maluku untuk bisa menerima penghargaan ini, selain bersyukur tentunya beta bangga,” kata dia.

Seperti diketahui, suara Mitha juga sempat membuat perancag busana Nicolaas James terpukau. Atas kesukaannya itu Nicolaas James pun membuat rancangan baju dengan tema kupu-kupu khusus untuk Mitha Talahatu.

Nicolaas James belum pernah membuatkan baju khusus untuk seseorang. Tapi, ia melakukannya untuk Mitha Talahatu.

Kata Nicolaas James, ada inspirasi yang didapatkannya saat merancang baju bernuansa kupu-kupu tersebut. Inspirasi tersebut, kata dia, berhubungan dengan proses penjelmaan kupu-kupu yang dimulai dari seekor ulat (*)

Editor : Redaksi