BERITABETA.COM, Ambon – Suhu politik menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Maluku mulai terasa dengan munculnya sejumlah pemberitaan terkait figur-figur yang akan bertarung di bursa demokrasi lima tahunan ini.

Salah satunya disampaikan  Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Maluku yang mengaku tengah siap untuk mengusung Gubernur Maluku, Murad Ismail di Pilkada akhir 2024 mendatang.

“Dalam pecan ini, kamidari PAN akan membentuk tim penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Maluku 2024,” kata Ketua DPW PAN Maluku, Wahid Laitupa di Ambon, Rabu (4/4/2024).

Menurutnya, proses penjaringan bakal calon ini juga akan dilakukan di kabupaten/kota secara terbuka dan bersifat umum, sementara untuk tingkat provinsi yakni  Gubernur dan Wakil Gubernur akan digelar dan bersifat tertutup.

“Penjaringan Gubernur Maluku dan wakil ini kita laksanakan sesuai dengan amanat konstitusi dimana penjaringannya dibuka tapi sifatnya tertutup. Tertutup itu maksudnya untuk diberikan ruang buat calon-calon khusus. Jadi ini memungkinkan untuk satu figur saja yaitu Murad Ismail,” ungkap Laitupa.

Dikatakan, keputusan itu l bukan tanpa sebab, karena secara politik, PAN adalah partai pengusung Gubernur Maluku saat ini.

Selian itu, kata politisi PAN Maluku ini, partai akan selalu menjadi garda terdepan bagi Murad Ismail menuju Pilkada mendatang.

 “Jadi keputusannya penjaringan tertutup hanya untuk Murad Ismail,” tegasnya.

Laitupa juga mengaku proses mengusung Murad Ismail sebagai calon gubernur mendatang sudah final. Dan untuk kader partai PAN, ia mengaku belum ada yang memungkinkan untuk kader partai diusung pada posisi ini.

“Kalau dari aspek kader kan memang sudah tidak memungkinkan karena harus dilihat dari beberapa aspek yang ada. Jadi kalau kader tidak ada untuk calon gubernur,” tandasnya.

Sementara itu, dari sejumlah nama atau figur yang berproses menuju Pilkada Maluku, tercatat selain nama Gubernur Maluku Murad Ismail sebagai incumbent, terdapat juga beberapa nama yang mencuat dan tangah berproses merebut kursi Maluku satu pada periode mendatang.

Mereka diantaranya Mantan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen (Purn) TNI Jeffry Apoly Rahawarin yang sudah sejak lama menyatakan sikap maju sebagai calon Gubernur Maluku, kemudian Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta dan satu nama terkahir yang mecuat adalah Anggota DPR RI dapil Maluku Hendrik Leweriss (*)

Editor : Redaksi