BERITABETA.COM, Bula — Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Fachri Husni Alkatiri-Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena (Vitho) didukung oleh empat Partai Politik di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Dukungan Parpol ini selain Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrat yang diserahkan rekomendasinya pada beberapa waktu lalu, Partai Amanat Nasional (PAN) juga turut mendukung Paslon Fachri-Vitho.

Ketua DPD PAN Kabupaten SBT, Halaludin Sagey saat dihubungi beritabeta.com dari Kota Bula, Rabu (21/8/2024) menandaskan, penyerahan rekomendasi ini digelar di kediaman pribadi Murad Ismail di Jakarta pada Selasa malam.

Sagey mengungkapkan, rekomendasi ini diserahkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Maluku, Widya Pratiwi kepada Fachri-Vitho didampingi Ketua Majelis Penasehat DPW PAN Maluku Murad Ismail, Sekretaris DPW PAN Maluku Haeruddin Tuarita bersama dirinya selaku Ketua DPD PAN SBT.

"Penyerahan di kediamannya pak Murad Ismail di Jakarta. Yang menyerahkan itu ibu Ketua Wilayah didampingi Ketua Majelis Penasehat Wilayah, Sekwil dan saya sendiri selaku ketua DPC PAN SBT," ungkap Halaludin Sagey.

Anggota DPRD SBT ini menerangkan, Surat Keputusan (SK) fisik PAN ini sebenarnya sudah diterbitkan beberapa hari sebelum Ketua DPW PAN Maluku dan Ketua Majelis Penasehat DPW PAN Maluku Murad Ismail berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah.

Kendati demikian, beliau meminta kepada DPP PAN agar rekomendasi B1-KWK ini akan diserahkan kepada Balon Bupati dan Wakil Bupati SBT, Fachri Husni Alkatiri-Mohammad Mifta Thoha Rumarey Wattimena setelah melaksanakan ibadah umrah.

"SK fisik PAN ini sebenarnya sudah beberapa hari sebelum beliau (Widya Pratiwi) umrah, hanya saja beliau meminta ke DPP agar rekomendasi model B1-KWK ini ibu dan pak MI harus balik dari umrah baru mereka sendiri yang menyerahkan langsung ke calon kandidat," terangnya.

Dia memastikan, pasca rekomendasi ini diserahkan kepada Fachri-Vitho, sebagai kader partai, dia dan rekan-rekannya tegak lurus untuk tetap bekerja full mengamankan perintah DPP.

Ia menegaskan, jika ada pengurus atau kader partai yang membelok dari keputusan DPP, partai akan memberikan sanksi kepada mereka.

"Kita sebagai kader partai, pasti kita tegak lurus untuk tetap bekerja full sesuai perintah partai. Kalau ada kader dan pengurus partai yang membelok pasti kita memberi sanksi yang tegas. Kita akan panggil memberi peringatan agar mereka tetap bekerja untuk kepentingan partai," pungkasnya.

Sementara itu, Balon Bupati SBT, Fachri Husni Alkatiri yang dihubungi soal peluang Partai Kebangkitan Bangsa (PKN) yang sampai hari ini belum mengeluarkan rekomendasi, dia juga menginginkan partai besutan Anas Urbaningrum ikut terlibat merekomendasikan mereka.

"Semoga (PKN juga)," ucap Fachri Husni Alkatiri (*)

Pewarta : Azis Zubaedi