BERITABETA.COM, Ambon — Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Jantje Wenno menilai banyak aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku belum dikelola secara baik.

Wenno mengungkapkan, beberapa aset daerah yang sebelumnya menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Maluku kini tidak diperhatikan, sehingga dia dia meminta kepada Penjabat (Pj) Gubernur Maluku, Sadali Ie untuk mengoptimalkan aset daerah tersebut.

"Memang ada banyak aset yang belum dikelola maksimal dan sangat disayangkan kalau dibiarkan terus-menerus tanpa ada perhatian. Jadi kalau memang sudah ada niat untuk memaksimalkan, maka itu baik," ungkap Jantje Wenno kepada di Ambon, Selasa (20/8/2024).

Dia menegaskan, Pemprov Maluku harus konsisten untuk merealisasikan janji memaksimalkan pengelolaan aset yang selama ini terkesan diterlantarkan agar dapat menyumbang PAD bagi Maluku.

Otimalisasi terhadap aset daerah, apalagi yang telah mengalami kerusakan akibat tidak diperhatikan pasti akan membutuhkan anggaran ditengah kondisi keuangan daerah yang begitu banyak diarahkan bagi Pilkada.

Namun, pemprov harus berani untuk melakukan penataan ulang, termasuk dengan melakukan rasionalisasi terhadap belanja yang tidak terlalu penting agar anggaran dapat digunakan untuk pengelolaan aset yang rusak.

"Kemampuan keuangan kita terbatas, tapi aset yang sudah rusak itu juga harus diperbaiki sebelum dikelola untuk mendatangkan PAD, maka mau tidak mau harus efisiensi anggaran yang belum penting dilakukan saat ini. Kalau tidak, maka sulit untuk dilakukan pengelolaan aset daerah," tegasnya.

Ia berharap, Pj Gubernur Maluku dapat mengambil langkah strategis guna menata kembali aset yang selama ini dibiarkan tanpa adanya perhatian sehingga dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah. (*)

Editor : Redaksi