BERITABETA.COM, Ambon – Partai politik (parpol) baru bermunculan di tanah air menjelang pemilihan umum (pemilu) tahun 2024. Analisa politik beragam dari pusat hingga daerah.

Kans partai politik lama diprediksi bakal terancam. Sebaliknya tantangan juga akan dihadapai partai baru. Sama-sama punya target yakni memperoleh kekuasaan.

Sebagian basis parpol lama ‘didiagnosa’ sudah dan akan hijrah ke parpol baru. Namun tergantung program kerja parpol baru dan figure yang diusung harus potensial.

Seperti apa ancaman yang akan dihadapi parpol lama, sebaliknya apa tantangan serius yang akan dihdapai parpol baru menjemput Pemilu 2024?

Akademisi berpendapat terkait hadirnya sejumlah parpol baru di tanah air tentu memiliki pengaruh terhadap eksistensi parpol lama.

“Partai baru yang ada saat ini perlu kerja keras. Konsolidasi sampai ke level akar rumput,” ujar Akademisi Ilmu Politik Universitas Darussalam Ambon, Ali Roho Talaohu S.IP,M.I.Pol, saat dimintai pendapatnya oleh beritabeta.com di Ambon, Minggu (08/08/2021).

Dalilnya, secara administrasi sekalipun parpol baru sudah memenuhi syarat sebagai (parpol), akan tetapi mempunyai tantangan yang kompleks di tengah pemilih Indonesia yang mengambang.

Disisi lain menurut Ali, untuk partai baru yang berideologi Islam harus bekerja keras dengan parpol lama yang juga berazaskan agama.