Bakal Calon Kepala Daerah Kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri (FHA) saat mengikuti proses Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPP PKB, Jumat (13/12/2019) sebagai syarat untuk mengantongi rekemendasi parpol menuju Pilkada 2020.
Bakal Calon Kepala Daerah Kabupaten SBT, Fachri Husni Alkatiri (FHA) saat mengikuti proses Uji Kepatutan dan Kelayakan di DPP PKB, Jumat (13/12/2019) sebagai syarat untuk mengantongi rekemendasi parpol menuju Pilkada 2020.

BERITABETA.COM, Ambon – Upaya Wakil Bupati (Wabub) Seram Bagian Timur (SBT) Fachri Husni Alkatiri (FHA) untuk melenggang ke arena pertarungan Pilkada 2020 di Kabupaten SBT kian pasti. Bahkan, penetrasi politisi PKS ini makin kencang untuk mengantongi rekomendasi sejumlah parpol yang diincarnya.

Dari data yang dihimpun beritabeta.com menyebutkan, FHA kini sudah berproses di empat parpol masing-masing Partai Nasdem, Gerindra, PKS dan PKB. Di empat parpol ini Wabub incumbent itu, bahkan sudah tuntas mengikuti proses fit and proper test dengan menyampaikan visi –misi tentang memimpin Kabupaten SBT lima tahun mendatang.

“Sudah empat parpol beliau berproses, Insya Allah, kami akan terus berproses menuju arena Pilkada SBT 2020 mendatang. Intinya segala kemungkinan akan kami sambut, sebagai bentuk ikhtiar dari kami,” tandas relawan FHA, Usman Bugis menjawab beritabeta.com, Sabtu (14/12/2019).

Usman juga menjelaskan, proses untuk mendapatkan tiket parpol juga baru saja selesai dilakukan di PKB, Jumat (13/12/2019) dengan mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan yang digelar DPP PKB.

“Intinya kami tetap optimis, selain PKS sebagai parpol asal FHA, peluang yang sama juga ada di parpol lainnya,” tandas Usman.

Sementara terkait peluang FHA merebut rekomendasi parpol-parpol sangat terbuka lebar. Dari informasi yang dihimpun di sejumlah kader parpol menyebutkan, FHA yang digadang berpasangan dengan politisi PDI-P Arobi Kelian merupakan pasangan yang sangat ideal. Pasalnya, kedua figure ini dinilai memiliki prestasi yang sangat mumpuni dalam membesarkan parpol di SBT.

“Prestasi FHA sebagai politiasi PKS tidak bisa diragukan lagi, selain beliau punya pengalaman sebagai politisi, juga punya prertasi membesarkan PKS sebagai partai asalnya di SBT. Hal ini juga ditemukan pada sosok Arobi Kelian. Arobi juga berprestasi membesarkan PDI-P di SBT,” ungkap salah satu kader parpol di Maluku.

Bahkan, salah satu sumber di PDI-P menilai, penetrasi FHA yang cukup kuat dan pilihannya menggandeng politisi PDI-P membuat penerimaan kepada sosok FHA oleh parpol-parpol sebagai bakal calon kepala daerah di SBT makin terbuka lebar.

“Untuk PDI-P tentunya penentuan itu ada di tangan DPP PDI-P, karena semua itu akan ditentukan sesuai mekanisme yang berlaku. Namun, secara pribadi saya melihat sosok ini sangat berpeluang, apalagi FHA juga memilih pasangannya kader PDI-P. Intinya kita ikuti saja,” ungkap sumber itu.

Keunggulan FHA juga terlihat dengan lebih dulu mengambil keputusan menggandeng politisi PDI-P Arobi Kelian, sehingga keduanya lebih siap melangkah dibanding dengan calon rivalnya Mukti Keliobas yang hingga kini belum menentukan sikap siapa pasangan wakil yang dipilih.

Ingin Bangun Pariwisata SBT

Terkait dengan visi dan misi membangun SBT kedepan, di beberapa kesempatan, FHA yang kini sudah bulat tampil di Pilkada SBT mengaku memiliki alasan kuat untuk tampil memimpin SBT lima tahun mendatang. Salah satunya yakni, ingin membangun SBT lebih maju, terutama lewat pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber peningkatan ekonomi masyarakat di SBT.

“Saya ingin fokus dan siap membangun pariwisata di Seram Bagian Timur dengan potensi yang sangat besar itu,” kata Fachri.

Jika sektor pariwisata dikembangkan, kata dia, maka perekonomian di kabupaten SBT akan maju pada semua level masyarakat, mulai dari level bawah, sedang hingga atas atau pemerintah daerah.

Alkatiri mengakui, pengembangan pariwisata membutuhkan SDM yang mumpuni. Untuk itu, dirinya akan bekerja secara profesional demi menggapaia tujuan dimaksud.

“Saya akan maju dengan manusia yang profesional yang ikut membantu saya mulai dari konsep, pikiran besar saya dalam sebuah grand design yang utuh dan akan ditindaklanjuti dengan cepat mulai dari tahun pertama saya memimpin kabupaten,” ungkapnya penuh optimis.

Pengembangan sektor pariwisara merupakan cita-cita besarnya. Sebab ada banyak potensi pariwisata di Kabupaten SBT namun hanya satu yang dipilih menjadi fokus untuk dibangun secara lengkap dan dijual ke provinsi, nasional mauoun internasional.

“Itu yang membuat SBT dikenal publik dan orang akan datang ke SBT. Jika ini terjadi maka perekonomian di SBT akan bangkit,” tandasnya (BB-ZA)