BERITABETA.COM, AMBON - Dukungan moril untuk rakyat Palestina terus bergulir di tanah air termasuk Maluku. Kali ini ratusan warga di Kota Ambon, yang tergabung dalam Aksi Tanggap Cepat (ACT) melakukan long march dari lapangan Hatukau Galunggung, Ongkoliong, dan Pantai Losari menuju Mesjid Raya Al-Fatah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Jumat (21/05/2021).

Aksi sosial tersebut dilakukan dalam bentuk penggalangan dana untuk membantu rakyat Palestina di jalur Gaza, akibat diinvasi oleh militer Israel.

Pantauan beritabeta.com, dalam aksi ini ratusan warga kota Ambon ini mendapat pengawalan dari aparat Kepolisian.

Massa membawa atribut bendera merah putih dan bendera Palestina serta spanduk bertuliskan dukungan untuk warga Palestina yang menjadi korban penindasan militer zionis Israel.

Di sela-sela aksi ini, Ketua Aksi Wahab Loilatu mengatakan, pengumpulan dana ini seterusnya akan disalurkan kepada rakyat Palestina.

"Ini bentuk kepedulian kita terhadap rakyat Palestina yang hari ini mengalami penindasan," ungkapnya.

Menurut Wahab, aksi ini juga sebagai dukungan moril dari masyarakat Kota Ambon untuk warga Palestina yang menjadi korban agresi militer Israel.

"Semoga aksi ini bisa menyadarkan dunia akan penderitaan rakyat Palestina, dan bisa melepaskan Mesjid Al Aqsha dari kepungan tentara Israel," ucapnya.

Dia mengajak, masyarakat Maluku dan dunia untuk mendesak tentara zionis Israel mengakhiri kebrutalan terhadap rakyat Palestina, dan melepaskan pengepungan dari Masjid Al-aqsa.

Diketahui, dalam sepekan terakhir gencatan senjata Israel-Palestina terus terjadi.

Serangan udara Israel menghancurkan gedung-gedung utama di jalur Gaza, dalam konflik terbaru di Palestina tahun 2021. Ratusan nyawa termasuk anak-anak dan perempuan tewas.

Aksi kebrutalan militer Israel itu mendapat kecaman dimana-amana termasuk di Indonesia. (BB-PP)