BERITABETA.COM - Sejak konflik Israel dan Palestina meletus bertahun-tahun lalu, Israel tak pernah bisa mematikan pasukan Al Qassam. Pasukan militer Islam ini dianggap menjadi mimpi buruk bagi Israel.

Pasukan inilah yang menjadi kekuatan umat muslim Palestina. Memiliki 30.000 prajurit, Al Qassam juga punya ribuan amunisi dan roket yang siap dipakai untuk bertempur.

Meski tentara Israel dinilai lebih kuat, faktanya Al Qassam masih gagah dan tidak benar-benar musnah.

Al Qassam dengan keyakinan penuh bertekad akan melindungi Palestina dan menghancurkan Israel.

Brigade Al Qassam ini memiliki pasukan militer Hamas yang siap mati demi melindungi Palestina. Hamas dianggap lawan tangguh bagi Israel karena angkatan udaranya yang kuat dan jaringan intelijennya yang terkenal.

Dalam pertempuran lalu, Israel mengeluarkan kekuatannya untuk menghancurkan Hamas. Mereka merobohkan tiga bangunan Hamas di Gaza dan menewaskan 11 anggota berpangkat tinggi serta 30 pejuang Hamas.

Meski demikian, faktanya Israel tidak pernah bisa memusnahkan Hamas karena cabang-cabang bersenjata organisasi itu beroperasi dengan sangat diam-diam.

Mereka membaur dengan rakyat Palestina, hal itulah yang menyebabkan pertempuran Israel dengan Hamas selalu memakan korban. Karena Israel melakukan serangan dengan pukul rata semua rakyat Palestina.

Sebaliknya, Hamas bisa dengan mudah membuat Israel keteteran dengan meluncurkan lebih dari 1.500 rudal ke wilayah Israel hanya dalam 3 hari.

Hamas dianggap sebagai organisasi Islam bersenjata terbesar di Timur Tengah dan terbesar di Palestina saat ini.

Kehebatan Hamas

Didirikan pada tahun 1987 sebagai organisasi Muslim Sunni Palestina, Hamas telah berkembang semakin kuat. Pada tahun 2006, Hamas memenangkan pemilihan resmi di Palestina, mengambil kendali langsung atas Palestina dan melancarkan serangan berulang kali terhadap Israel.

Hamas memiliki sayap militer yang disebut Izzuddin Al-Qassam, atau lebih dikenal Brigade Al Qassam. Pasukan ini disebutkan menjadi kelompok yang paling berani melakukan serangan ke Israel, termasuk bom bunuh diri hingga penculikan.

Dalam serangan baru-baru ini, pasukan militer Brigade Al Qassam dilaporkan mampu mengatasi sistem pertahanan Israel 'Kubah Besi' (Iron Drone), yang diluncurkan dari Gaza.