BERITABETA, Jakarta – Kebijakan pemerintah memberikan keringanan tarif listrik bagi pelanggam 450 VA dan 900 VA bersubsidi, sebentar lagi akan terwujud. Untuk pelanggan 450 VA, tarif listrik bahkan digratiskan selama tiga bulan, yaitu April, Mei, dan Juni 2020.

Sedangkan, bagi pelanggan listrik golongan 900 VA bersubsidi, tarif yang dikenakan selama periode itu akan didiskon sebesar 50 persen.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, mengatakan pemakaian listrik prabayar alias token berbeda-beda. Pemerintah akan memberikan token gratis untuk pelanggan 450 VA selama tiga bulan. Nilainya berdasarkan pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

“Pelanggan token 450 VA akan digratiskan dengan jumlah (tagihan) maksimum tiga bulan terakhir,” kata Rida dalam live streaming konferensi pers, ditulis Kamis (02/04/2020).

Untuk yang pelanggan 900 VA bersubsidi yang token, lanjut Rida, akan mendapatkan token separuh dari pemakaian maksimal dalam tiga bulan terakhir.

“Begitu pula dengan 900 VA bersubsidi. Tokennya akan diberikan per bulannya. Kami akan memberikan (diskon) 50 persen dari pemakaian tertinggi selama tiga bulan,” kata dia.

Lantas bagaimana caranya mendapatkan token gratis dan voucher listrik? Caranya sama dengan kompensasi PLN saat pemadaman di Jawa pada Agustus 2020.

Pelanggan yang berhak dapat listrik gratis ini bisa masuk ke laman PLN dan memasukkan ID pelanggan untuk mendapatkan token gratis atau voucher diskon. Setelah itu, mereka akan mendapatkan kode voucher untuk token listrik.

“Kemudian, mendapatkan kode voucher (berisi kWh sesuai ketentuan),” kata Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi (BB-DIP)