BERITABETA.COM, Bula — Salah satu pemuda asal Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku, Muhammad Sofyan Lausiry dinobatkan mewakili Indonesia dalam sidang pemuda Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki.

Selain Sofyan, diketahui ada juga sepuluh pemuda lain dari daerah berbeda di Indonesia yang ikut bersama-sama dalam kegiatan yang dihadiri 57 Negara Islam di dunia itu.

Muhammad Sofyan Lausiry saat dikonfirmasi beritabeta.com, Selasa (24/8/2021) membeberkan, sejak kemarin dia bersama beberapa rekannya sudah melakukan koordinasi dengan Islam Cooperation Youth Forum (ICYF) terkait sidang umum pemuda Islam dunia yang dilaksanakan empat tahun sekali itu.

"Alhamdulillah saya menjadi bagian dari delegasi pemuda Islam Indonesia yang berangkat ke Istanbul Turky untuk mengikuti kegiatan tersebut" beber Muhammad Sofyan Lausiry.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta itu mengungkapkan, sebelumnya dia juga pernah mewakili Indonesia pada program Perkumpulan Pemuda Dunia (World Assembly of Youth) yakni Melaka International Youth Dialogue (MIYD) yang berlangsung di Malaysia pada 2019 silam.

Sofyan yang juga sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pemuda OKI Indonesia periode 2019-2024 itu mengaku, kesempatan mengikuti kegiatan internasional tersebut menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi dirinya.

"Kalau kali ini nuansanya agak berbeda, karena ada 57 negara muslim yang ikut. Kalau di Malaysia dulu tidak terlalu banyak, tapi Insha Allah kami semua delegasi satu sama lain berkordinasi untuk semua kepentingan posisi bangsa Indonesia" tandanya.

Anak muda Negeri Gah Kecamatan Tutuk Tolu itu berharap, tidak saja dia dan sejumlah anak muda Maluku lainnya yang berproses di kanca nasional, namun lanjut dia, kedepan harus ada banyak lagi anak-anak muda di provinsi seribu pulau itu tampil.

"Saya berharap banyak anak muda yang mau ikut dalam kontestasi isu internasional terkhusus masyarakat Maluku. Dulu kita punya Gayatri Wailissa, untuk itu kita optimis untuk punya Gayatri di hari esok" harapnya. (*)

Pewarta : Azis Zubaedi