Timnas Turki saat  lolos ke putaran final EURO 2020 sebagai runner-up Grup H pada babak kualifikasi
Timnas Turki saat lolos ke putaran final EURO 2020 sebagai runner-up Grup H pada babak kualifikasi

BERITABETA.COM - Laga pembuka Grup A Piala Eropa 2020 antara Tim Nasional (Timnas) Turki vs Italia  akan berlangsung pada Sabtu 12 Juni 2021 pukul 02.00 WIB.

Timnas Italia berstatus tuan rumah dalam laga ini, mengingat pertandingan digelar di Stadion Olimpico Roma. Namun, Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– tak bisa memandang remeh Turki racikan Senol Gunes.

Turki memang tidak cukup diunggulkan pada duel ini. Namun, dengan reputasi para pemain kunci yang bermain di Serie A, Turki bisa jadi 'kuda hitam'.

Dari catatan yang dihimpun beritabeta.com, Turki tak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya.  Sementara dalam 13 laga terakhir, Turki hanya menelan satu kali kekalahan. Bahkan dalam rentetan hasil positif tersebut, Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan sempat menang 4-2 atas Belanda serta menahan Jerman 3-3.

Kemenangan atas Belanda di Stadion Olimpiade Ataturk dalam babak kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022, membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyempatkan diri mengucapkan selamat kepada timnas Turki.

"Dalam kurun waktu seperti itu, timnas kita mengalahkan tim seperti Belanda dengan skor 4-2, yang benar-benar memberi kebanggaan tersendiri bagi bangsa kita," kata Erdogan, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Kamis (25/3/2021).

Di uji coba terakhir sebelum Euro ini, Turki juga mengalahkan Moldova 2-0 lewat gol-gol Cengiz Undez kapten Burak Yilmaz.

Turki memiliki beberapa pemain top di skuad mereka, termasuk Merih Demiral dan Hakan Calhanoglu yang bermain di Italia untuk Juventus dan AC Milan. Selain itu, ada Mert Muldur yang bermain di Sassuolo. Lalu, ada Cengiz Under yang pernah membela AS Roma.

Mereka tentu sudah tidak asing dengan Gianluigi Donnarumma, Giorgio Chiellini, Nicolo Barella, Lorenzo Insigne, hingga Ciro Immobile dari kubu Italia.

Skuad asuhan Senol Gunes diprediksi akan mengandalkan formasi 4-5-1. Posisi penyerang tunggal Turki akan ditempati pemain yang baru saja membantu Lille juara Liga Prancis 2020-2021, Burak Yilmaz.

Jadi, sanggupkah Burak Yilmaz menerobos pertahanan gerendel Timnas Italia yang dikomandoi Giorgio Chiellini di laga pembuka Piala Eropa 2020?

Bagaimana dengan Timnas Italia? Timnas Italia racikan Roberto Mancini juga dalam kepercayaan diri tinggi.

Sebab dalam 25 laga terakhir, Lorenzo Insigne dan kawan-kawan tak terkalahkan! Dalam periode tersebut, Timnas Italia mendapatkan 20 menang dan lima imbang. Bahkan dalam enam laga terakhir, Timnas Italia tidak kebobolan.

Dalam laga nanti, Roberto Mancini belum bisa memainkan dua gelandang andalannya, yakni Marco Verratti dan Lorenzo Pellegrini yang cedera.

Kemungkinan dalam pola 4-3-3 racikanya, Mancini akan mengandalkan trio Jorginho, Nicolo Barella dan Manuel Locatelli di lini sentral.

Berikutr skuad lengkap timnas Turki pada laga perdana Euro 2020 di bawah ini :

Kiper: Altay Bayindir, Mert Gunok, Ugurcan Cakır

Bek: Zeki Celik, Caglar Soyuncu, Kaan Ayhan, Merih Demiral, Mert Muldur, Ozan Kabak, Ridvan Yilmaz, Umut Meras

Gelandang: Yusuf Yazici, Dorukhan Tokoz, Irfan Can Kahveci, Okay Yokuslu, Orkun Kokcu, Ozan Tufan, Taylan Antalyali, Hakan Calhanoglu

Penyerang: Burak Yilmaz, Cengiz Under, Enes Unal, Abdulkadir Omur, Kerem Akturkoglu, Halil Dervisoglu, Kenan Karaman (BB-RED)