BERITABETA.COM, Bula — Sejak Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dimekarkan pada 2003 hingga kini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) SBT baru pertama kali memperingati Hari Pers Nasional (HPN).

Peringatan HPN yang ke-75 dengan tema “Bangkit dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi” itu diisi dengan kegiatan dialog publik (10/02/2021)

Hadir sebagai narasumber, Kepala Dinas Perindusterian Perdagangan Koperasi dan UKM SBT Adam Rumbalifar, Kabid Perencanaan Dinas Pertanian SBT Sofyan Kelian dan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Djami Hamisi.

Ikut hadir dalam acara tersebut Kapolres SBT Andre Sukendar, Camat Bula Barat Ridwan Rumonin, Kepala Desa Waisamet Ibrahim Alvin Rumatumia, Ketua KNPI SBT Rusdi Rumata dan pimpinan OKP/OKPI lainnya.

Karateker PWI SBT Muhammad Yasin Kelderak dalam sambutannya mengungkapkan, pada momentum Hari Pers Nasional ke-75 merupakan kali pertama PWI SBT dalam memperingatinya.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan semua stakeholder yang ikut terlibat sejak pemekaran SBT 2003 bingga penyelenggaraan pemerintahan pada 2004, sehingga kehidupan Pers mulai tumbuh dan berkembang.

Seiring dengan itu lanjut dia, keberadaan Pers ikut berkontribusi dan menopang kehidupan demokrasi di bumi ‘Ita Wotu Nusa’

“Kami percaya bahwa, kita semua akan terus berkontribusi untuk menyehatkan kehidupan demokasi di bumi Ita Wotu Nusa” tegas Kelderak

Wartawan RRI Bula ini menjelaskan, di era Pandemi Covid-19 ini Pers tidak sekedar mengawal kasus-kasus korupsi atau penyelewengan dalam urusan pemerintahan.

“Tetapi ada tugas tambahan lagi yakni kita ikut bersama-sama dengan pemerintah mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi sebagai dampak dari pandemi Covid-19” akuinya

Dia juga berharap semua pengurus PWI dan insan Pers di Kabupaten penghasil Migas ini agar bisa menerjemahkan tema besar yang diusung secara nasional itu dalam tugas-tugas jurnalistik.

Sementara itu Kapolres SBT Andre Sukendar dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada insan pers yang tanpa pamrih menghadirkan informasi-informasi.

“Dalam situasi apa pun masih peduli dengan kita semua, terkhusus warga masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur dalam rangka bangkit dari satu kondisi covid-19 yang kita hadapi” akuinya (BB-AZ)