BERITABETA.COM, Ambon – Kabar gembira bagi pemilik kendaraan roda dua (sepeda motor) di Kota Ambon dan sekitarnya, PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) kini menjalankan program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke listrik secara gratis.

Konversi BBM ini dilakukan pihak PLN menjadi listrik berbasis baterai.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam keterangannya yang diterima media ini, ikut mengajak pemilik sepeda motor untuk ikut mendaftarkan diri dalam program ini.

 

 

“Pengguna sepeda motor perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui link https://bit.ly/Form_Konversi_EV sebelum 31 Oktober 2024,” ungkap Awat di Ambon, Sabtu (12/10/2024).

Ia menuturkan, langkah ini digalakan sejalan dengan upaya pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam mengurangi produksi emisi dari kendaraan bermotor.

“Dalam rangka upaya mengurangi produksi emisi, Kami mengajak masyarakat Maluku dan Maluku Utara pengguna kendaraan sepeda motor berbahan bakar minyak untuk dikonversikan ke kendaraan listrik,” ajak Awat.

Adapun untuk melakukan konversi motor bensin menjadi listrik, diberikan secara gratis dengan biaya konversi serta kit konversi motor listrik seharga 16 juta rupiah.

“Jadi masyarakat tak perlu khawatir karena Program Konversi Sepeda Motor Listrik gratis dan terbuka untuk umum ya,” terang Awat.

Awat juga meyakini bahwa energi yang dibutuhkan oleh kendaraan listrik lebih hemat apabila dibandingkan dengan BBM dalam menempuh jarak yang sama.

Berikut syarat administrasi yang perlu disiapkan pengguna motor BBM yang ingin dikonversikan ke motor listrik;

1. STNK dan BPKB Lengkap (Asli)

2. KTP Pemilik Kendaraan (Copy)

3. Pajak Kendaraan Aktif sampai dengan November 2024

4. Cek Fisik Kendaraan Bermotor pada Samsat sesuai wilayah masing-masing

5. Legalisir Bukti Cek Fisik untuk Konversi Motor Listrik

6. ⁠Khusus point 4 dan 5, untuk motor yang sudah didaftarkan, dapat langsung menuju Samsat agar dilakukan cek fisik dan akan mendapat legalisir bukti cek fisik, karena sudah ada kerja sama antara PLN dan Samsat

7. ⁠Setelah proses konversi dilakukan, akan diterbitkan STNK kendaraan motor listrik

"Ayo segera lakukan pendaftaran sebelum batas waktu yang ditentukan, sehingga kita sama2 bisa ikut mendukung program pemerintah dalam hal mencapai Net Zero Emission (NZE) 2060", tutup Awat (*)

Editor : Redaksi