BERITABETA.COM, Ambon – Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN), PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW-MMU) melakukan kunjungan dengan menyapa Swissbell Hotel selaku salah satu pelanggan besar di Ambon, Maluku.

Kunjungan ini dimpimpin Maman Sulaeman, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW-MMU. Ia didampingi Zulfahmi Arifin, Manager Pelayanan Pelanggan, Deddy Kusuma Wardana, Manager Pemasaran, dan Niaritsa Latupeirissa, Manager ULP Ambon Kota pada Rabu (4/9/2024).

General Manager Swissbel Hotel Ambon, I Ketut Gunarta, saat menerima kunjungan PLN UIW MMU menyampaikan terima kasih kepada PLN yang selama ini sudah mensuport pihaknya dengan memberikan pelayanan yang responsif dan cepat.

“Selama ini hubungan kita erat sekali jadi segala sesuatu yang kita butuhkan, bantuannya sangat cepat responnya dan cepat diselesaikan juga. Jadi cukup baik sekali dan Kami merasa sangat terbantu dengan adanya PLN,” kata Gunarta.

Terkait gaya hidup baru serba listrik yang masih dikampanyekan PLN, Gunarta mengaku Swissbell juga sudah beralih penggunaan bahan bakar dari gas ke listrik sejak beberapa tahun lalu.

“Terakhir kami beli lagi 15 power untuk mengganti bahan bakar sebelumnya (gas) ke listrik. Jadi di bagian kriting kami juga pakai listrik, kemudian di sarapan kita ada tiga atau empat kompor listrik yang kita gunakan sudah dua tahun terakhir. Jadi hampir semuanya sudah menggunakan listrik,” ungkapnya.

Peralihan bahan bakar gas ke listrik, kata Gunarta karena penggunaannya sangat simpel dan mudah mengaturnya. “Simpannya juga lebih mudah, kalau saya lihat lebih hemat lagi tidak perlu saya harus jauh-jauh karena jaringan listrik sudah ada di tempat kita jadi tidak susah lagi,” ujarnya.

“PLN sangat responsif sangat cepat sekali dan saya cukup terbantu dari pemeliharaan gardu, kemarin ada kendala-kendala di awal sangat cepat sekali sangat responsif dan cepat selesai,” tambahnya.

Untuk sistem pembayaran ke PLN, Swissbell telah mendouwnload aplikasi PLN Mobile. Kendati demikian, untuk proses pembayaran pihaknya masih menggunakan sistem bank transfer, setelah mendapatkan pemberitahuan melalui aplikasi tersebut. “Ini karena mekanisme pembayaran kita dan ke depan mungkin kita bisa pakai itu (bayar melalui PLN Mobile),” katanya.