BERITABETA.COM, Ambon  - Pemerintahan baru dibawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto diminta  lebih konsen kedepan untuk memberdayakan masyarakat adat termasuk di Maluku untuk menjadi sejahtera.

Permintaan ini disampaikan Anggota DPR RI Dapil Maluku Saadiah Uluputty saat menanggapi Gerakan Rakyat Kawal Masyarakat Adat (Gerak Masa) yang berdemonstrasi di Kawasan Bundaran Patung Leimena, Poka, Ambon, Jumat (11/10/2024).

 “Kita harap pada pemerintahan baru nanti, masyarakat adat terutama di Maluku harus diberdayakan dengan memberikan mereka kesempatan untuk mengelola sumber daya alam mereka secara berkelanjutan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan,” kata Saadiah Uluputty.

Aksi damai tersebut dilakukan untuk mendesak Presiden dan Wapres Prabowo-Gibran agar di masa pemerintahannya lebih tegas dan konsisten mengakui, melindungi, dan memenuhi hak-hak masyarakat adat.

 

Aksi damai terkait hak-hak masyarakat adat oleh Gerakan Rakyat Kawal Masyarakat Adat (Gerak Masa) di Kawasan Bundaran Patung Leimena, Poka, Ambon, Jumat (11/10/2024)

 

“Tadi saya lewat dan ketika melihat mereka sedang melakukan aksi, saya turun untuk mendengar langsung apa yang mereka sampaikan. Dan memang benar, terkait hak-hak masyarakat adat ini penting untuk disuarakan,” ujar srikandi Maluku di Senayan ini.

Saadiah berharap pemerintah dapat lebih responsif dalam menangani isu-isu yang dihadapi masyarakat adat dan berkomitmen untuk menciptakan program-program yang bermanfaat bagi mereka.

“Selama ini masyarakat adat sering dimarjinalkan. Tidak diberi ruang untuk hidup sejahtera di tanah mereka sendiri. Dan saya mendorong apabila ada kawasan-kawasan konservasi atau hutan-hutan milik negara masyarakat adat juga bisa dilibatkan untuk menjaganya,” jelas Saadiah.