BERITABETA.COM, Ambon – Calon Wakil Gubernur Maluku Nomor Urut 3 Abdullah Vanath melakukan kunjungan ke warga adat suku Naulu di Negeri Nuanea, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Dalam kunjungan kampanye di wilayah Malteng ini, mantan Bupati Kabupaten SBT dua periode yang berpasangan dengan Hendrik Lewerissa ini diterima oleh para tetua adat suku Naulu di Negeri Nuanea pada, Selasa malam (15/10/2024).

Vanath yang merupakan satu-satunya putra asli Seram yang ikut dalam kontestasi Pilkada Maluku ini, juga diterima dengan ritual adat yang dilakukan tetua adat di rumah adat suku Naulu.

 

Abdullah Vantah menggunakan kain berang di kepala usai direstui oleh tetua adat Suku Naulu di Pulau Seram

Dalam prosesi itu, tetua adat suku Naulu menyematkan kain berang (kain merah) di kepala Abdullah Vanath sebagai tanda restu dan pengakuan bahwa dirinya merupakan anak adat Alifuru yang akan didukung penuh oleh warga adat setempat.

Usai mengikuti proses adat itu, Vanath di hadapan tetua adat mengaku bangga dengan penerimaan dirinya sebagai putra Seram dengan dilakukan proses adat di rumah adat ini.

“Saya datang kesini untuk kesekian kalinya dengan tujuan untuk meminta restu dari tetua adat suku Naulu, sekaligus meminta izin menggunakan kain berang di kepala sebagai simbul identitas putra Seram dalam perjuangan ini,” ungkap Vanath.

Vanath pun mengaku, dirinya tidak bisa secara sembarangan menggunakan kain berang di kepala, tanpa harus meminta restu dan izin dari tetua adat di Pulau Seram, terutama warga Suku Naulu.

Dan saat ini, kata Vanath, simbul kain berang ini sudah disematkan di kapalanya. Itu artinya mulai hari ini dirinya telah direstui dan mendapat pengakuan adat sebagai putra Alifuru dari Seram yang akan berjuang untuk memajukan Maluku di masa mendatang, lebih khusus lagi untuk memajukan masyarakat Pulau Seram.

“Dengan adanya simbol adat ini, saya juga meminta dukungan semua warga Seram agar kedepan perjuangan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal bersama Pak Hendrik Lewerissa sebagai Calon Gubernur Maluku,” beber Vanath.