BERITABETA.COM, Weda — PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) bergerak cepat memperbaiki jaringan listrik akibat banjir yang menerjang Desa Lukulamo sampai daerah trans, Kecamatan Weda Utara, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Provinsi Maluku Utara (Malut) beberapa waktu lalu.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam rilis yang diterima beritabeta.com, Senin (29/7/2024) mengungkapkan, upaya gerak cepat itu dilakukan PLN UIW MMU melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sofifi dan Unit Layanan Pelanggan (ULP) Weda.

“Personel Kami di kedua unit kerja ini langsung diterjunkan ke lapangan memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat bencana banjir tersebut,” ungkap Awat Tuhuloula.

Awat menandaskan, di kondisi cuaca ekstrem saat ini, personil di masing-masing wilayah kerja PLN UIW MMU turut bersiaga jika terjadi bencana alam yang mengganggu sistem jaringan kelistrikan.

Karena itu kata dia, tak butuh waktu lama untuk personil tiba di lapangan dan segera melakukan peninjauan terkait tingkat kerusakan dan langkah selanjutnya yang perlu segera dilaksanakan.

Sementara itu, Manager UP3 Sofifi, Yekti Kurniawan menandaskan, kondisi tersebut biasa ditangani oleh tim teknik yang diturunkan sangat berpengalaman.

“Respon cepat ini diharapkan dapat segera memperbaiki jaringan yang rusak agar pasokan listrik dapat kembali normal dan masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasa,” tandas Yekti Kurniawan.

Dia menerangkan, dalam upaya tersebut, tim teknik PLN bekerja keras melakukan sisir jaringan kelistrikan di daerah terdampak banjir.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui titik mana yang harus dilakukan perbaikan dan untuk memastikan proses perbaikan berlangsung dengan cepat dan aman.

"Keberhasilan pemulihan ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi tim di lapangan, yang tidak mengenal waktu demi memastikan listrik kembali mengalir ke rumah-rumah warga," terangnya.

Ia membeberkan, selain itu, PLN juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir. PLN UP3 Sofifi juga memberikan perhatian besar terhadap kebutuhan pangan masyarakat yang terkena dampak banjir.

PLN UP3 Sofifi bersama PLN ULP Weda menyalurkan bantuan yang mencakup sembako, perlengkapan kebersihan, perlengkapan listrik seperti stop kontak, penerangan dan lain-lain. Pembagian sembako dilakukan dengan bantuan pemerintah desa dan relawan setempat untuk memastikan distribusi yang efisien dan tepat sasaran.

“Selain perbaikan jaringan, kami juga merasa penting untuk memberikan dukungan langsung berupa sembako kepada masyarakat. Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka selama masa-masa sulit ini,” bebernya. (*)

Editor : Redaksi