BERITABETA.COM, Namlea –  Polres Pulau Buru menggelar dua event sebagai rangkaian dalam memperingati HUT Bayangkara ke-73. Road Racing dan Turnamen Catur yang bukan hanya diikuti peserta lokal tapi juga diikuti peserta dari luar Maluku. Road Racing sudah mulai dilombakan di sirkuit balapan kantor bupati di Jalan Danau Rana pada Sabtu pagi (29/6). Sedangkan turnamen catur baru akan dimulai pada Senin malam (1/7/2019).

Kapolres Pulau Buru, AKBP Ricky Purnama Kertapati kepada wartawan usai melepas peserta road racing menjelaskan, lomba ini bertujuan untuk menyalurkan bakat para pembalap di daerah itu.

Selain Ricky, turut hadir dalam pembukaan road racing itu antara lain, Ketua DPRD Buru, Iksan Tinggapy, Sekda Ahmad Assagaf, Dandim 2506/Namlea, Letkol Inf Syarifuddin Azis, Ketua PN Namlea dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Buru.

Menurut Kapolres generasi muda di daerah itu punya semangat adrenalin yang tinggi di balapan motor. Dari pada mereka menyalurkan semangatnya melalui balapan liar di jalanan yang membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan raya, sebaiknya disalurkan pada tempat yang benar.

Maka dari itu, dalam kesempatan HUT Bhayangkara , Polres Pulau Buru melakukan event Road Racing agar bakat generasi muda di daerah itu dapat disalurkan dengan baik.

Walau Road Racing dan turnamen catur ini sifatnya lokalan dan lebih diutamakan guna memupuk prestasi para generasi muda di daerah itu, ternyata banyak yang minati kedua kegiatan ini.

Yang mendaftar bukan hanya peserta lokal dari Kabupaten Buru dan Bursel serta kabupaten/kota lainnya di Maluku, ternyata ada peserta dari  luar propinsi  Maluku, yang ikut dalam lomba ini.

“Kompetisinya lokal tapi rasa nasional,karena di kedua event ini ada peserta dari enam daerah di luar Maluku,” timpal Wakapolres Pulau Buru, Kompol Backhrye Hehanussa dalam kesempatan terpisah.

Dua peserta road race di lomba yang digelar Polres Pulau Buru beraksi di sirkuit Kota Namlea, Sabtu (29/6/2019)

Ketua Panitia Road Racing , AKP Octavianus. S Biring menyebutkan, lomba kali ini turut diikuti 68 pembalap, termasuk sembilan pembalap pemula.

Ada pembalap di kategori open turnamen juga berasal dari luar Maluku, yakni dari Jogya, Jateng, Jatim dan Sulsel.

Yang dipertandingkan dalam road racing kali ini yakni, Bebek 4T 150cc TU MIX-SEEDED Open, Bebek 4T 125cc TU MIX-Pemula  U20 OPEN,Bebek 2T 125cc TU MIX-Pemula A U20 Open, Bebek 4T 125cc TU MIX-Seeded Open, Bebek 4T 150cc TU MIX-Pemula A U20 Open, Sport 2T 150cc STD-Lokal Maluku, Matic 130cc TU-Open.

Ada pula kelas Sport 2T 140cc TU (RX-King), Matic 130cc STD-Lokal Maluku, Sport Trail Modif 2T s/d 150cc & 4T s/d 250cc, Sport 2T 140cc STD-Lokal Maluku, Sport 2T 140cc STD-Lokal Maluku, Bebek 2T 125 TU-Lokal Maluku, Matic 13pcc STD-Lokal Maluku dan Sport 2T 140cc STD-Lokal Maluku.

Sementara itu  Sekda Buru, Ahmad Assagaf mengatakan, Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi terhadap kegiatan open Road Race ini. Sebab, kegiatan tersebut merupakan bagian dari progam Pemerintah Daerah dalam menghidupkan olahraga.

“Kegiatan ini juga dapat meningkatkan semangat para generasi muda dalam mengikuti event-event kejuaraan ditingkat nasional nanti,” tandasnya.(BB-DUL)