BERITABETA.COM, Ambon – Master catur Nasional M Ishak Rianjar Juarai akhirnya memenangkan Lomba Eksebisi Catur Berhadiah yang digelar Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Maluku.

Rianjar menyisihkan delapan pecatur asal Maluku yang berlaga di babak Grand Final Eksebisi Catur Berahdiah yang ditutup, Minggu (16/8/2020) itu.

Turnamen catur yang berlangsung di Kafe Alfath, Kompleks Pengadilan Agama Ambon ini digelar LKKNU Maluku dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75.

Selain M. Ishak Rianjar, posisi kedua ditempati oleh pecatur Jen Tuanany, kemudian disusul Yusuf Buritan berada di posisi ketiga, Remon Leihutu diposisi keempat, Adin Pangkas diposisi kelima, Ragil diposisi keenam, Tomy Tomatala diposisi ketujuh dan Wanted Tatuhey berada di posisi kedelapan.

Turnamen skala local ini ditutup Ketua LKKNU Maluku Mumin Refra yang juga  anggota DPRD Provinsi Maluku, setelah berlangsung selama dua hari.

Refra sekaligus  menyerahkan hadiah kepada peserta yang mendapat juara.

Dalam ssambutannya, Mumin Refra yang Ketua Fraksi Pembagunan Bangsa DPRD Maluku ini menyampaikan apresiasi dan dukungan  kepada pecatur yang terlibat dalam lomba tersebut.

“Kedepan kita harapkan bila ada lomba seperti ini agar dapat dilakukan dalam skala besar. Kita butuh terobosan lebih besar untuk memajukan olaraga catur di Maluku,” katanya.

Ia juga berjanji akan mendorong KONI Maluku untuk melakukan langkah –langkah terbaik kepada peserta catur Maluku, karena kegiatan ini sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Provinsi Maluku  dalam mengembangkan potensi olahraga catur di Maluku.

“Selama dua hari ini peserta lomba juga mematuhi protap Covid 19  dalam  memutus rantai penyebaran virus corona, “ tandasnya.

Sebelumnya, dalam lomba ini diikuti oleh sebanyak 20 pecatur terbaik asal Maluku yang disponsori oleh PD Panca Karya, Sabtu (15/8/2020). Lomba ini dibuka oleh Sekretaris LKKNU Maluku, Faisal Toisuta.

Toisuta kepada beritabeta.com usai penutupan lomba menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya lomba ini.

“LKKNU juga telah melakukan kegiatan bagi- bagi masker kepada warga Kota Ambon, sebagai bentuk dukungan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” tandasnya (BB-DIO)