BERITABETA.COM, Ambon - Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH.,M. Hum, menegaskan pihaknya menginginkan wilayah Maluku yang dikenal dengan daerah raja-raja ini, masyarakatnya  tetap hidup rukun dalam bingkai persaudaraan, aman dan damai.

Penegasan ini disampaikan Kapolda Maluku saat  menerima kunjungan Latupati [Raja-raja] di Maluku yang dipimpin oleh Ketua Latupati Maluku, Ibrahim M. Wokas, di ruang kerjanya Mapolda Maluku, Senin (14/2/2022).

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, Kapolda yang didampingi Karo Ops, Kombes Pol Asep, dan Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, berharap kepada para Latupati  dapat membantu mengakhiri konflik sosial yang kerap terjadi belakangan ini.

"Saya menyampaikan banyak terima kasih. Terkait Kamtibmas, kami juga berharap ke depan persoalan konflik sosial yang terjadi di wilayah Maluku jangan lagi terjadi," pinta Kapolda.

Khusus di wilayah Pulau Haruku, orang nomor 1 Polda Maluku ini meminta dukungan semua pihak agar dapat segera menyelesaikan persoalan tersebut.

"Kami sangat berharap persoalan konflik yang terjadi di wilayah Haruku harus segera dituntaskan dengan kepala dingin dan tenang, sehingga Maluku kembali damai," pintanya.

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini yakin bahwa akar persoalan dari penyebab terjadinya konflik di Pulau Haruku dapat dituntaskan.

"Komunikasi dan rekonsiliasi perdamaian di desa Kariu harus segera dilaksanakan, sehingga warga masyarakat yang masih mengungsi di desa Aboru dapat segera kembali dan beraktifitas di desanya dengan aman," harapnya.

Irjen Pol Drs. Lotharia Latif  juga mengaku menaruh harapan besar adanya dukungan penuh dari para Latupati Maluku dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang semakin kondusif.

"Kami menaruh besar harapan atas dukungan para Latupati Maluku dalam mendukung dan berperan untuk menciptakan kedamaian di bumi Maluku yang kita cintai ini," pintanya.

Maluku, lanjut Kapolda, harus berada dalam kondisi aman dan damai, sehingga dapat mengelola kekayaan alam berlimpah yang dimiliki untuk menumbuhkan ekonomi dan mensejahterakan rakyat.

"Maluku ini memiliki potensi yang sangat banyak mulai dari hasil laut hingga yang ada di darat dan hal ini menjadi perhatian para investor yang ada. Olehnya itu situasi yang aman sangat dibutuhkan sehingga Maluku dapat maju dan masyarakat dapat sejahtera," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Latupati Maluku, Ibrahim M. Wokas, menyampaikan sikap bahwa pihaknya siap membantu dan mendukung Polda Maluku dalam pemeliharaan Kamtibmas yang kondusif.

"Kami juga menyampaikan permasalahan keamanan yang terjadi antara desa di Maluku selain diselesaikan secara hukum, juga bisa diselesaikan melalui penyelesaian secara adat," kata Ibrahim.

Latupati, lanjut dia, juga telah bersepakat untuk tidak lagi ada aksi kekerasan dan konflik sosial di wilayah Maluku. Pihaknya, akan mengambil tindakan secara adat terhadap setiap mereka yang berkonflik.

"Dan persoalan tapal batas antar desa harus diselesaikan antar kedua desa tersebut dan jangan menyebarkan persoalan tersebut ke wilayah lain yang pada akhirnya menimbulkan persoalan baru hingga mengganggu Kamtibmas di Maluku, khususnya kota Ambon," pungkasnya (*)

Pewarta : Febby Sahupala